Strategi Bupati Bombana Penuhi Target Vaksinasi Nasional

Bupati Bombana Tafdil. (Foto Istimewa)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Bupati Bombana, H. Tafdil menyiapkan sejumlah strategi untuk memenuhi target vaksinasi nasional yang diamanahkan Presiden Joko Widodo sebanyak 70 persen pada Desember 2021.

”Jadi strategi kita, pada November ini kita target tercapai dulu 60 persen, nanti Desember target ditambah lagi 10 persen hingga mencapai 70 persen,” kata H. Tafdil.

- Advertisement -

Capaian pada Oktober ini masih diangka 40 persen. Angka ini tergolong masih cukup rendah. Olehnya kekurangan dari target Oktober ini akan ditutupi pada November mendatang.

Untuk memuluskan strategi tersebut, ia pun mewanti-wanti camat dan kepala puskesmas agar berkerja secara maksimal, apalagi karena rendahnya persentase vaksin sehingga Bombana masih berada di level 3 PPKM.

H. Tafdil pun tak segan akan mengambil langkah tegas untuk memaksimalkan peran camat dan kepala puskesmas terkait rendahnya persentase vaksinasi.

“Jika ada yang tidak serius hingga November nanti, saya akan evaluasi mereka,” tegasnya.

Menurutnya, peran camat dan kepala puskesmas sangat vital dalam menyosialisasikan atau mengkampanyekan pentingnya vaksin ke masyarakat, sehingga mereka harus senantiasa turun langsung ke lapangan.

“Saya harus uji kinerja mereka terkait vaksin ini. Sekarang tergantung kreatifitas mereka masing-masing, mau door to door, silahkan,” paparnya.

Orang nomor satu di Bombana itu mengaku akan fokus melaksanakan instruksi presiden tentang pencapaian target vaksinasi warga. Apalagi vaksin aman, halal dan demi kepentingan atau kesehatan bersama.

“Beberapa Camat sudah saya berikan warning, pertama untuk bagaimana memperbaiki target, jika November tidak bisa, nanti kita cari camat dan kapus baru yang bisa mencapai target hingga akhir Desember,” tegasnya.

Dirinya pun menyayangkan sejumlah kecamatan yang tidak memenuhi target pada pekan vaksin ke VII lalu, sementara kecamatan lainnya sangat antusias bahkan ada yang melampaui target.

Baca Juga :  Warga Kabaena Keluhkan Kondisi Pasar Sikeli Berlumpur dan Dipenuhi Sampah

“Ini menunjukan ada yang serius dan ada pula yang cuma berpangku tangan dan tidak sungguh-sungguh,” tandasnya.

Berikut data dari Dinas Kesehatan Bombana terkait capaian vaksinasi pekan ke VII per tanggal 25 Oktober 2021, masing-masing Kecamatan

Rumbia Tengah teratas dengan angka 156 persen, menyusul Kecamatan Matausu 97 persen, Kabaena Utara 94 persen, Lantari Jaya 94 persen, Kabaena 89 persen, Rarowatu Utara 85 persen, Kabaena Selatan 80 persen.

Lalu Kabaena Tengah 78 persen, Kabaena Timur 73 persen, Poleang Tenggara 73 persen, Kabaena Barat 72 persen, Rumbia 69 persen, Poleang Timur 68 persen, Rarowatu 63 persen, Mataoleo 61 persen, Poleang Utara 60 persen, Poleang 57 persen, Poleang Tengah 51 persen, Poleang Barat 50 persen, Tontonunu 49 persen dan terendah Poleang Selatan 45 persen. (adm)

Laporan : Agus Saputra

Facebook Comments