Mall Pelayanan Publik Bombana Permudah Masyarakat

Suasana pelayanan di MPP Bombana.

RUMBIA, Rubriksultra.com- Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bombana dinilai sangat mempermudah urusan masyarakat. Pasalnya, di dalam MPP ini, terdapat 14 instansi pemerintah yang memmberikan pelayanan.

14 instansi itu antara lain, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bombana, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, dan Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial.

- Advertisement -

Lalu Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM, Samsat, Polres Bombana, Kantor Pertanahan, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Taspen, dan terakhir Bank Sultra.

Salah satu warga Bombana, Nur (30) mengakusangat senang akan hadirnya MPP di Bombana. Menurutnya, inovasi seperti ini dapat memudahkan masyarakat menyelesaikan berbagai perizinan di satu atap melalui MPP.

“Hadirnya MPP ini sangat bagus, apalagi di tengah kota. Tentu masyarakat akan menjadi mudah dan tidak jauh-jauh lagi apabila hendak mengurus berbagai perizinan,” ujar Nur saat hendak mengurus KTP di MPP.

Berdasarkan laporan dari petugas di MPP, Titin mengatakan, antusias warga sangat banyak, alasan warga dikarenakan tempatnya strategis di pusat kota sehingga mudah dijangkau.

“Tiap hari ada kisaran puluhan warga yang mengurus dokumen di MPP, baik itu BPJS, bayar pajak, urus perizinan, buat KTP, dan pengurusan dokumen lainnya,” terangnya.

Sebanyak 14 instansi tersebut memberikan 156 layanan. MPP ini sebagai bentuk kolaborasi antar instansi pemerintah di lingkup Kabupaten Bombana.

Untuk mengakses atau mengambil antrean dapat dilakukan via Telegram, pengguna cukup mencari akun Bot MPP Bombana. Kemudian, klik start dan memulai percakapan terkait layanan di MPP.

Selain dari Telegram, pengguna juga bisa mengambil antrean di mesin yang tersedia di pintu masuk MPP. Masyarakat hanya cukup memilih instansi, dan jenis layanan yang ingin ia tuju di mesin tersebut. (adm)

Baca Juga :  Sembunyikan Narkoba di Kemasan Popok Bayi, Dua Terduga Pengedar Diringkus Polres Bombana

Laporan : Agus

Facebook Comments