Rumput Stadion Betoambari Impor dari Jepang

12562
Benih rumput Zoysia Matrella yang disemai beberapa pekan lalu mulai tumbuh di Stadion Betoambari, Kota Baubau. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau mempersiapkan Stadion Betoambari yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 sesuai standar Federation International de Football Association (FIFA). Salah satunya, benih rumput stadion kebanggaan masyarakat Baubau ini diimpor langsung dari Jepang.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Maaruji mengatakan, rumput yang digunakan diberi nama Zoysia Matrella. Rumput tersebut mulai tumbuh setelah ditebar beberapa pekan lalu.

“Rumput ini masuk standar FIFA yang kita datangkan dari Bogor, benihnya sendiri impor dari Jepang. Luasan perencanaan 107×67 meter atau 7.169 meter persegi,” kata Maaruji, Senin 3 Januari 2021.

Selain masuk standar FIFA, rumput jenis ini dinilai baik untuk lapangan sepak bola. Diperkirakan 3-4 bulan ke depan, rumput zoysia matrella sudah tumbuh dengan sempurna.

“Mudah-mudahan bisa tumbuh sesuai harapan. Jadi kita jaga betul sampai tumbuh rumputnya karena ini untuk persiapan Porprov nanti,” katanya.

Maaruji mengatakan, Stadion Betoambari mulai dipoles September 2021 lalu. Renovasinya meliputi pekerjaan lapangan sepak bola, tribun penonton, dan shuttle ban atau lintasan atletik.

“Tiga item pekerjaan ini sementara tahap pemeliharaan selama enam bulan. Termasuk penanaman rumput sampai tumbuh masih tanggung jawab kontraktor,” tandasnya.

Dikatakan, pascakunjungan Gubernur Sultra, Ali Mazi, renovasi diminta untuk ditambah. Salah satunya pengembangan tribun dengan kapasitas dua ribu penonton.

“Pekerjaan tahun ini direncanakan pembangunan pagar keliling, penambahan ruang ganti atlet dan penambahan tribun dengan kapasitas dua ribu penonton. Insya Allah arahan Gubernur itu kita upayakan,” pungkasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Bulog Baubau Pastikan Stok Beras Aman