Periode 2021, BP Jamsostek Baubau Bayar Klaim Rp 31 Miliar

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Baubau, Bobby Harun.

BAUBAU, Rubriksultra,com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) atau BPJS Ketenagakerjaan Kota Baubau telah membayarkan klaim peserta periode 2021. Klaim yang dibayarkan mencapai Rp 31 miliar.

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Baubau, Bobby Harun menyebut, pembayaran klaim terdiri dari Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Jumlah total klaim sebanyak 2.156 kasus.

- Advertisement -

“Pembayaran klaim JHT merupakan yang paling banyak dari klaim program lainnya, yaitu sebanyak 2.065 kasus. Sedangkan klaim JKM mencapai 49 kasus, klaim JKK sebanyak 10 kasus, dan klaim JP sebanyak 32 kasus,” katanya.

Bobby merinci, jumlah nominal yang dibayarkan dari klaim JHT sebanyak 2.065 kasus tersebut adalah Rp 27.555.484.906.

Sementara Klaim JKM sebanyak 49 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 3.172.800.000, klaim JKK sebanyak 10 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 194.078.383.

“Sedangkan klaim JP sebanyak 32 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 97.310.127” tuturnya.

Bobby juga mengimbau bagi tenaga kerja yang sudah memasuki usia pensiun dan belum mencairkan JHT-nya bisa segera dicairkan karena merupakan hak tenaga kerja untuk memberikan kesejahteraan di usia pensiun mereka.

Meskipun pada masa sulit, kata dia, BP Jamsostek akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta ataupun ahli waris peserta yang ingin mengajukan klaim jaminan sosial ke BPJS Ketenagakerjaan Baubau.

Saat ini untuk pencairan klaim JHT dengan saldo di bawah Rp 10 juta sudah bisa melakukan pengajuan langsung di aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan saldo JHT akan langsung masuk ke rekening.

“Tentunya, hal ini juga menjadi alternatif untuk memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengurus klaim JHT di masa pandemi Covid-19. Kami akan memberikan layanan terbaik, meskipun saat ini dalam situasi sulit di masa pandemi,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  BNN Baubau Tingkatkan Kapasitas Pelayanan Rehabilitasi