Kepala Imigrasi Baubau: Buat Paspor Bisa Lewat Ponsel

Teguh Santoso

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pembuatan paspor kini sudah bisa lewat ponsel. Imigrasi Baubau telah membuat inovasi terbaru dengan meluncurkan aplikasi M Paspor.

Aplikasi tersebut sudah tersedia Play Store dan bisa diunduh di ponsel pintar anda. Inovasi ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam membuat paspor.

- Advertisement -

“Cukup dengan menggunakan ponsel pintar sudah bisa diakses. Masyarakat bisa dari rumah membuat paspor. Jadi masyarakat yang daerah asalnya jauh, sekarang sudah lebih mudah membuat paspor,” kata Kepala Imigrasi Baubau, Teguh Santoso, baru-baru ini.

Salah satu kemudahan yang diberikan adalah proses wawancara. Bila sebelumnya wawancara pembuatan paspor baru harus dilakukan di kantor, kini sudah bisa dilakukan melaluoi aplikasi.

“Untuk itu diharapkan masyarakat saat melakukan wawancara jangan berbohong, karena nanti masyarakat sendiri yang rugi,” katanya.

Selain itu, syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pembuatan paspor manual, soft filenya dapat dikirim melalui aplikasi.

“Jadi sekarang masyarakat bebas memilih waktu membuat paspor kapan saja. Biaya pembuatan paspor juga bisa langsung ditransfer di bank tujuan untuk pemasukan negara,” katanya.

Kendati begitu, aplikasi M Paspor ini belum melayani paspor hilang, sebab ada beberapa proses yang perlu dilakukan secara tatap muka. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  DPD RI Agendakan Pembahasan Pemekaran Kepton Bersama Mendagri