Hadiri HPN, Para Dubes Tertarik Investasi di Sultra

Suasana forum investasi giat HPN 2022 yang dilaksanakan di Swiss Bell Hotel, Selasa 8 Februari 2022. (Foto Ady)

KENDARI, Rubriksultra.com– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakan forum investasi dengan menghadirkan sejumlah duta besar negara tetangga. Di dalam forum ini, para duta besa yang hadir tertarik akan berinvestasi dengan menanyakan mekanisme di Sultra.

Kegiatan yang masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Sultra itu dilaksanakan di Swiss Bell Hotel, Selasa 8 Februari 2022 dengan mengangkat tema “Exploring Business Prospects Towards Further Economic Cooperation” atau Menjajaki Prospek Usaha Menuju Kerjasama Ekonomi Lebih Lanjut.

- Advertisement -

Adapun duta besar yang turut hadir, antara lain Duta Besar Rusia, Taiwan, Maroko, Iran, Pakistan, Cekoslowakia dan Seychelles. Giat juga dihadiri perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra.

Kegiatan dibuka Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan potensi investasi di daerah masing-masing oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Bupati Wakatobi Haliana dan Bupati Konawe Utara Ruksamin.

Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi mengaku begitu banyak potensi investasi di 17 kabupaten kota di Sultra. Potensi itu meliputi sektor pertambangan, pariwisata, perikanan, pertanian dan perkebunan.

“Potensi investasi yang telah dipaparkan kepala daerah diharapkan menghasilkan multiplier effect sehingga para duta duta besar Negara Asia, Eropa, Eropa Timur yang hadir tadi bisa menyampaikan kepada para investor di negaranya masing-masing untuk berinvestasi di Sultra,” ucap Parinringi.

Kata dia, dalam forum investasi tersebut, cukup banyak berkembang tanya jawab yang merujuk pada bagaimana mekanisme berinvestasi di kabupaten kota.

“Artinya mereka memberikan sinyal positif akan berinvestasi. Sebut saja duta-duta besar Eropa tadi, begitu antusias memperjelas bagaimana mekanisme berinvestasi,” katanya.

“Saya sampaikan bila serius berinvestasi datang ke kami. Kami permudah segala urusan tidak ada hambatan,” pungkas Parinringi menutup. (adm)

Baca Juga :  Hingga Hari ke-15, Rapid Tes Reaktif tak Ditemukan

Laporan : Ady

Facebook Comments