Arusani Resmikan Sejumlah Pembangunan di Kadatua dan Siompu

Bupati Busel, H.La Ode Arusani meletakan batu pertama pembangunan puskesmas saat kunjungan kerja di Pulau Kadatua dan Siompu, Sabtu 12 Februari 2021. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H.La Ode Arusani, meresmikan sejumlah pembangunan saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Kadatua dan Siompu, Sabtu 12 Februari 2021.

Di Pulau Kadatua, orang pertama di Busel itu meresmikan peletakan batu pertama Puskesmas Labulengke, Kecamatan Kadatua. Puskesmas Labulengke merupakan puskesmas yang dibangun untuk melayani masyarakat sekitaran Desa Banabungi dan Desa Banabungi Selatan.

- Advertisement -

Selanjutnya meresmikan gedung Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Lele Pomaasi di Desa Lipu Kecamatan Kadatua dan menyerahkan peralatan untuk dimanfaatkan oleh para petani dan masyarakat di Desa Lipu.

Selain itu, ia juga menyerahkan sertifikat tanah masyarakat Kadatua dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan BPN. Diharapkan agar sertifikat ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Selain itu diharapkan juga pemerintah dan masyarakat sinergi dalam membangun desa dengan memanfaatkan secara optimal potensi yang ada di desanya masing-masing. Pada kesempatan yang sama, Arusani juga mendorong pemekaran Kecamatan Kadatua Timur agar dapat secepatnya terealisasi.

“Semuanya adalah untuk meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat, oleh karena itu infrastruktur dan sumber daya manusia harus kita siapkan dengan baik termasuk pengelolaan sumber daya alam yang optima,” katanya.

Sementara di Pulau Siompu yang terbagi dalam dua kecamatan, Bupati Busel meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Karae Lestari, Desa Karae Kecamatan Siompu, dan LPM Gapoktan Bukit Kerusit, Desa Mbanua, Kecamatan Siompu Barat.

Arusani juga meresmikan Puskesmas Bukit Kangka, Desa Karae Kecamatan Siompu, untuk melayani masyarakat Desa Karae dan sekitarnya.

“Fasilitas publik ini harus kita jaga dengan baik karena dibangun untuk melayani kebutuhan masyarakat. Kekurangan sarana dan prasarana seperti akses jalan dan lain-lain akan disuport oleh pemerintah. Pemerintah dan masyarakat harus selalu bekerjasama untuk membangun desa,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Ikut Pameran HPN 2022, Busel Unggulkan Kaopi'ku dan Kopi Rongi