UHO dan Unmus Merauke Jalin Kerjasama Pertukaran Pelajar

Penandatanganan MoU kerjasama pertukaran pelajar antara UHO dan Unmus Merauke, di Gedung Rektorat UHO, Senin 21 Maret 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari resmi menjalin kerjasama pertukaran pelajar dengan Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), di Gedung Rektorat UHO, Senin 21 Maret 2022.

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, dengan MoU ini maka mahasiswa UHO bisa ke Merauke, dan sebaliknya pelajar dari Unmus Merauke juga bisa ke UHO.

- Advertisement -

“Hal itu belum bisa dikerjakan secara formal jika MoU belum dijalankan. Jadi dengan adanya MoU ini semuanya sudah bisa kita kerjakan,” ujar Rektor dua periode itu.

Kerjasama dalam MoU ini meliputi tridharma, pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Jadi S1 yang dari sana bisa kesini bahkan yang mau S2 atau S3 bisa juga kesini. Jelasnya bisa jadi kita akan lakukan penelitian bersama, publikasi bersama dan seminar bersama,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni Unmus Merauke Yosehi Mekiuw menilai, alasan memilih UHO Kendari untuk kerjasama (MoU) karena UHO saat ini sudah berkembang.

“UHO Kendari sudah berkembang dan bagus, jadi apa salahnya Unmus Merauke mencoba komunikasi dengan UHO. Kita mau minta dukungan untuk sama-sama mendorong maju Unmus seperti universitas yang ada di Indonesia Tengah dan di Indonesia Barat,” ungkapnya.

Kata dia, ada tiga point penting yang menjadi topik dari MoU ini yakni tridharma, penelitian, pengajaran, dan pengabdian. Pengajaran berkaitan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kemudian pertukaran mahasiswa maupun pertukaran dosen.

Sementara penelitian dan pengabdian, lanjut Yosehi, pihaknya berharap adanya kolaborasi penelitian, pengabdian, KKN kebangsaan bersama antara Unmus dan UHO. Apalagi Unmus dan UHO memiliki 6 fakultas yang sama.

Baca Juga :  Mahasiswa UHO Dilatih Masuk Dunia Kerja

“Berkaitan dengan pengembangan jurnal, jadi dari kolaborasi penelitian sampai dengan kolaborasi jurnal maupun dengan pertukaran jurnal. Pengembangan SDM adalah berkaitan dengan studi lanjut, ada dosen kami yang mau studi disini. Artinya kerjasama ini bisa diterima oleh UHO,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments