Kepala BNPB Pusat Dipastikan Hadiri Rakorda BPBD se-Sultra di Baubau

Koordinator Lapangan Rakorda BPBD Provinsi Sultra, Helen Dias Andini.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Mayjen TNI Suharyanto, dipastikan akanhadir pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) tingkat Provinsi Sultra yang dipusatkan di Kota Baubau. Kegiatan dimulai pada 27-29 Maret 2022 mendatang.

“Kepala BNPB dipastikan hadir jika tidak ada panggilan tiba-tiba dari Presiden dan tidak terjadi bencana tiba-tiba,” kata Koordinator Lapangan Rakorda BPBD Provinsi Sultra, Helen Dias Andini, di kantor BPBD Baubau, Kamis 24 Maret 2022.

- Advertisement -

Kata Helen, kegiatan pertama dimulai Minggu 27 Maret yaitu pelaksanaan apel siaga di lapangan Lembah Hijau yang diikuti BPBD 17 kabupaten/kota. Kemudian Senin 28 Maret pelaksanaan Rakorda.

“Setelah pembukaan, tamu penting bergeser ke Kabupaten Buton, Pasarwajo, untuk melihat kearifan lokal masyarakat yang sudah berlangsung secara turun-temurun di sana, tentang bagaimana keterlibatan masyarakat dalam penanggulangan bencana dengan cara-cara tradisional,” kata Helen.

Kasi Rehabilitasi BPBD Provinsi Sultra itu mengatakan, persiapan Rakorda sudah hampir 80 persen. Saat ini pihaknya makin mematangkan persiapan.

“Sudah terkonfirmasi seluruh BPBD 17 kabupaten/kota akan kumpul di Baubau. Besok dan lusa mereka mulai bergerak ke baubau. Tim kami (BPBD Provinsi Sultra) sore ini tiba,” katanya.

Ia menaksir lebih dari 300 orang tamu undangan bakal meramaikan Rakorda di Baubau. Ditambah rombongan Kepala BNPB, narasumber dari Kemendagri dan Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut Institut Teknologi Bandung (ITB).

Helen mengatakan Rakorda di luar ibu kota provinsi adalah kali pertama dilaksanakan. Alasan Rakorda dilaksanakan di Kota Baubau tidak lain untuk mengangkat eksistensi kedaerahan.

“Rancana awalnya dilaksanakan di Konawe Utara. Namun pilihan jatuh ke Baubau dengan pertimbangan fasilitas dan akomodasi tamu yang datang cukup tersedia. Disamping itu akses kabupaten lain juga mudah untuk ke baubau,” katanya.

Baca Juga :  Ramai-ramai Lawan Corona

Dikatakan, Kantor BPBD Baubau dijadikan sebagai sekretariat. “Praktis pusat data dan informasi BPBD 17 kabupaten/kota muaranya disini,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments