Sultra Usul 10 Program ke Bappenas, Termasuk Jembatan Buton-Muna

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Hj. Nur Endang Abbas.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Provinsi Sultra mengusulkan 10 program utama ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Salah satunya jembatan Buton-Muna (Tona).

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Hj. Nur Endang Abbas mengatakan, usulan jembatan Tona didorong utamanya agar pengerjaan fisik jembatan dapat dimulai pada 2023 mendatang.

“Kita berharap pemerintah pusat memberikan respon positif dan mengakomodir usulan tersebut,” kata Nur Endang Abbas, dikonfirmasi usai Musrenbang Provinsi Sultra di Baubau, Rabu 30 Maret 2022.

Selain jembatan Tona, program prioritas lain yang diusulkan adalah perpanjangan runway Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi. Pengembangan tersebut untuk mendukung pariwisata Wakatobi.

“Termasuk pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dari DAK sekitar Rp 195 miliar juga masuk dalam usulan program prioritas pembangunan tahun 2023,” katanya.

Nur Endang Abbas menambahkan, Musrenbang RKPD bertujuan untuk melihat konektivitas program prioritas masing-masing kota kabupaten. Diutamakan jaringan perekonomian dan aksesibilitas masyarakat, terutama pelaku ekonomi.

Menurutnya percuma membuat jalan bila tidak termanfaatkan dengan baik di kabupaten kota. Kemudian memberikan kemudahan baik pelaku ekonomi, perempuan, dan anak dan disabilitas.

“Nah, melalui musrenbang ini kita validasi menjadi usulan Sultra pada musrenbang nasional di Jakarta. Sebenarnya ada lima program prioritas yang sudah diakomodasi pemerintah pusat dan 13 masuk dalam catatan. Sebelumnya, kita sudah rakor dengan Bappenas dan kita mengusulkan 10 program utama yang semuanya sudah termasuk di dalam catatan tersebut,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pembangunan SMPN 20 di Kotamara Dikaji Kembali