Bangun Perpustakaan Berbasis Digital, Baubau Keciprat Rp 10 M

Grand desain perpustakaan yang akan dibangun di Kota Baubau. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pemerintah Kota Baubau mendapat kucuran anggaran Rp 10 miliar untuk membangun perpustakaan berbasis digital. Perpustakaan tersebut rencananya akan dibangun pada 2023 mendatang di atas lahan eks kantor DPRD Buton tepatnya di jalan Dayanu Ikhsanuddin.

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, perpustakaan tersebut akan dilengkapi dengan teknologi kekinian, ruang multimedia, perpusatakaan elektronik, ruang-ruang diskusi dan fasilitas modern lainnya. Desain bangunannya juga akan dibuat unik dengan pendekatan kearifan lokal bermodel kampurui atau ikat kepala yang sarat nilai filosofis.

- Advertisement -

“Tentu dengan adanya fasiltas ilmu pengetahuan ini diharapkan bisa memperluas cakrawala berpikir untuk lebih siap menyongsong perubahan zaman yang makin cepat,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan Baubau, Asmahani mengaku usulan pembangunan perpustakaan tersebut telah diusulkan sejak beberapa tahun lalu, namun belum disetujui lantaran terkendala lahan kepemilikan yang sah.

“Usulan kita tahun ini sudah kami penuhi persyaratannya dan Alhamdulillah dinilai memenuhi syarat. Lokasi yang kita ajukan di atas lahan eks kantor DPRD Buton. Insya Allah dibangun tahun depan. Tim dari pemerintah pusat dalam waktu dekat bakal datang meninjau langsung lokasi tersebut,” katanya.

Mengenai desainnya dinilai sudah cocok. Bangunan bermodel kampurui itu langka dan sudah tepat untuk perpustakaan.

“Kampurui itu kan ibarat mahkota yang letaknya di kepala. Di dalam kepala tertimbun ilmu-ilmu dan itu sinergis dengan perpustakaan tempatnya buku-buku,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Polres Baubau "Warning" Pengemudi Ugal-ugalan di Bulan Ramadan