Kapolres Perintahkan Cari Pelaku Perusak Cagar Budaya di Kawasan Benteng Keraton

8296
Anggota Polsek Murhum dibantu Pokdarwis dan masyarakat sekitar saat berusaha menghapus sejumlah coretan di meriam oleh oknum tidak bertanggung jawab, Minggu 12 Juni 2022. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Aksi vandalisme yang merusak salah satu benda cagar budaya di kawasan Benteng Keraton Buton mendapat perhatian pihak kepolisian. Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo langsung mengeluarkan perintah untuk mencari pelaku.

“Saya sudah teruskan ke Kasat Reskrim dan Kapolsek Murhum untuk melakukan proses lidik lebih lanjut. Intinya kita tetap melakukan lidik untuk pelaku vandalisme ini,” kata AKBP Erwin Pratomo, Minggu 12 Juni 2022.

Kapolsek Murhum IPDA Muhammad Arifudin menambahkan, setelah mendapatkan informasi tersebut, anggota langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Benteng Keraton Buton, tepatnya di Baluara Gundu-gundu.

“Kita sementara mengumpulkan bukti-bukti dan menanyai saksi-saksi,” katanya.

Situasi terkini, coretan di meriam telah berhasil dihapus oleh Anggota Polses Murhum bersama-sama dengan perwakilan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan Cabang Baubau dan anggota Pokdarwis.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu masyarakat sekitar juga sempat dibuat geram dengan tindakan pembakaran fasilitas gazebo di kawasan Benteng keraton Buton oleh oknum tak bertanggungjawab. Beruntung api tidak menghanguskan seluruh bangunan gazebo tersebut. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pasien 01 di Baubau Sembuh