DPPKB Baubau Galakan Layanan Sejuta Akseptor

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse diwakili Asisten I Tamsir Tamim, saat meninjau layanan sejuta akseptor, di Puskesmas Betoambari, Rabu 15 Juni 2022. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Baubau menggalakan layanan sejuta akseptor (Akseptor KB adalah anggota masyarakat yang mengikuti gerakan KB dengan melaksanakan penggunaan alat kontrasepsi) di seluruh fasilitas layanan kesehatan.

Layanan ini dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang dimulai 15-17 Juni 2022. Pelaksanaannya ditinjau langsung Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse diwakili Asisten I Tamsir Tamim di Puskesmas Betoambari, Rabu 15 Juni 2022.

- Advertisement -

Kepala DPPKB Kota Baubau, Ali Arham mengaku diberikan target 1.044 orang dari tujuh metode kontrasepsi jangka panjang.

Masing-masing layanan Inmtera Uterine Device (IUD) 12 orang, Medis Operatif Wanita (MOW) empat orang, implant 42 orang, pil diberikan kepada 465 orang, suntik 505 orang dan kondom diberikan kepada 16 orang. Sementara target Medis Operatif Pria (MOP) nihil.

Dari tujuh metode kontrasepsi jangka panjang tersebut, pihaknya sudah berhasil melampaui target dengan total 1.285 orang. Diantaranya MOW sudah 5 orang, IUD 29 orang, implan 130 orang, pil 595 orang, kondom 66 orang, serta capaian suntik sudah 460 orang dan masih bisa terus bertambah.

“Layanan kontrasepsi jangka panjang ini dilaksanakan untuk meningkatkan capaian KB yang diharapkan akan mempengaruhi angka kelahiran, minimal penundaan,” tandasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pelabuhan Feri Baubau Bakal Dipindahkan di Sulaa