Pemkab Buteng Gandeng UMKM Go Online Sultra

Suasana pertemuan Diskominfo Buteng dengan fasilitator UMKM Go Online. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus berupaya mendorong kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satunya menggandeng fasilitator UMKM Go Online Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memperluas pemasaran produk UMKM menggunakan media teknologi informasi.

Pelatihan UMKM Go Online merupakan program kegiatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tema adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan di 13 kawasan Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Daerah Kabupaten Buteng, La Ode Dermawan Hibali mengaku sangat mendukung program tersebut. Program ini akan dikordinasikan dengan dinas terkait yakni Dinas Koperasi dan UMKM Buteng

“Kami sangat mendukung program ini dan bisa disinergikan dengan program daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk pelaku UMKM,” katanya.

Darmawan menegaskan pengembangan teknologi akan mendorong kemajuan diberbagai sektor termaksud sektor UMKM. Pemanfaatan teknologi juga akan menciptakan pasar elektronik yang sekarang lebih familiar disebut e-commerce.

“Para pelaku usaha dituntut lebih kreatif dalam memasarkan produknya sehingga lebih dikenal khalayak umum dan adopsi teknologi digital 4.0 adalah salah satu caranya,” urainya.

Kata dia, pelatihan ini merupakan bentuk kolaborasi nyata lintas kementerian, serta pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan, serta tranformasi digital koperasi, UMKM serta wirausaha.

“Kita upayakan pelaksanaan program ini akan bersinergi dengan program yang dicanangkan Pj Bupati Buteng untuk mensejatrakan dan memajukan para UMKM. Tentu kami akan senantiasa membangun koordinasi dengan SKPD terkait agar output dari kegiatan ini bisa tercapai dan optimal,” katanya.

Kordinator fasilitator UMKM Go Online Person In Charge (PIC) Mutmainnah Pratiwi menambahkan, Sultra merupakan salah satu dari 13 provinsi di Indonesia yang mendapat program pelatihan tersebut. Diharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkan aplikasi online sehingga skala usahanya semakin besar.

Baca Juga :  Nilai Aset Pemkab Buteng Rp 1,871 Triliun

“Untuk awalnya kita akan melakukan pelatihan bagaimana para pelaku UMKM bisa memasarkan prodaknya secara luas, kita akan mengajarkan mereka bagaimana cara memfoto produk mereka untuk mempromosikan jualannya serta mengajarkan pelaku UMKM bagaimana cara menjual produknya secara online,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments