25.520 Anak di Baubau Telah Miliki KIA

Purwanto.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau mencatat 25.520 anak telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Jumlah ini baru 47,93 persen dari 53.239 anak wajib KIA.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Baubau, Purwanto mengatakan, capaian itu didapatkan dari program jemput bola (jebol) ke sekolah-sekolah dan hasil kerjasama dengan sejumlah stakeholder.

- Advertisement -

“Kita sudah MoU dengan tim penggerak PKK, Posyandu, RT/RW dan semua stakeholder yang biasa terlibat menangani anak-anak ini. Terutama yang berada jauh dari kantor, kami tetap jemput bola,” katanya.

Meski capaian masih dibawah 50 persen, Purwanto mengaku akan terus berupaya mendorong para orang tua agar membuatkan KIA bagi anak-anaknya.

“Hal itu sangat penting, sebab KIA punya banyak manfaat, selain identitas anak, juga bisa digunakan sebagai keperluan persyaratan perjalanan, pelayanan kesehatan dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran secara online,” tandasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Hari Ini, Pemkot Baubau Gelar Rapid Tes Massal