Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Murhum Capai 2,5 Juta Ton

Herwan Rasyid.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau mencatat aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Murhum sejak Januari-Juni 2022 berjumlah 2.570.113 ton. Masing-masing terdiri dari barang yang dibongkar sebanyak 1.513.294 ton dan yang dimuat 1.056.819 ton.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Kasi Lala) KSOP Baubau, Herwan Rasyid mengatakan, jutaan ton barang bongkar muat tersebut diantaranya kendaraan, hasil bumi, sembilan bahan pokok (sembako) dan bahan bangunan.

- Advertisement -

“Bongkar muat biasanya di kapal-kapal rakyat dan kontainer. Paling dominan itu kebutuhan bahan bangunan dan sembako karena itu untuk kebutuhan masyarakat Baubau dan sekitarnya,” ucap Herwan Rasyid, di kantornya, Jumat 8 Juli 2022.

Dia merinci jumlah kendaraan yang dibongkar sejak Januari-Juni berjumlah 2.725 unit dan yang dimuat berjumlah 1.948 unit. Peti kemas yang dibongkar berjumlah 6.722 box dan dimuat 7.006 box.

Sedangkan penumpang turun tercatat 155.161 orang dan penumpang naik 196.371 orang.

Herwan berkomitmen akan berupaya memberikan pelayanan yang tidak berbelit-belit dan selalu memastikan kelancaran bongkar muat agar masyarakat menerima hasil yang baik.

“Kelancaran bongkar muat barang menjadi perhatian kami, karena ini juga berkaitan dengan peningkatan PNBP pada KSOP Baubau,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Baubau Tambah Tiga Kasus Baru