Pemkot Baubau Siapkan 20 Hektare Lahan Perkebunan Jeruk Siam dan Jagung

2997
Inspektur IV Kementerian Pertanian, IGMN Kuswandana, saat menyerahkan bantuan benih kepada kelompok tani, di Kelurahan Liabuku, Sabtu 16 Juli 2022. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau sementara mengembangkan perkebunan jeruk siam dan jagung dengan menyiapkan lahan seluas 20 hektare. Lokasi lahan yang disiapkan berada di Kelurahan Waliabuku, Kecamatan Bungi.

Rencana tersebut pun mendapat respons baik dari Kementerian Pertanian (Kementan) dengan memberikan bantuan benih jeruk siam termasuk benih jagung. Bantuan benih diserahkan langsung Inspektur IV Kementerian Pertanian, IGMN Kuswandana, kepada kelompok tani, di Kelurahan Liabuku, Sabtu 16 Juli 2022.

IGMN Kuswandana mengatakan, kondisi pertanian di Kota Baubau terbilang baik. Ia pun yakin, bantuan apapun terkait komoditas pertanian yang diberikan, Kota Baubau pasti menjadi teladan dan contoh bagi daerah sekitarnya.

“Konsep pertanian di Baubau keren, apalagi ditunjang dengan kelompok tani yang berprestasi, punya semangat dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan komoditas pertanian,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Baubau, Muhammad Rais mengaku telah menyiapkan konsep pengembangan perkebunan jeruk siam an jagung di Kelurahan Waliabuku tersebut.

“Jadi konsepnya nanti disini akan menjadi kampung buah, termasuk menjadi kawasan pengembangan jagung,” katanya.

Namun untuk pengembangan jagung, kelompok tani di Baubau sementara menyiapkan Calon Petani Calon Lahan (CPCL)-nya. Dengan begitu, pengolahan perkebunan akan semakin jelas.

“Selan benih, kita juga telah diberi bantuan dari Pupuk Indonesia berupa pupuk MKP satu ton dan pupuk urea 0,5 ton. Rencananya pupuk ini akan digunakan untuk bantuan jagung,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Berprestasi, Tiga Bhabinkamtibmas Polres Baubau Dianugrahi Penghargaan