Sejumlah Fasilitas di Pelabuhan Murhum Baubau tak Berfungsi

64
Penumpukan penumpang di ruang tunggu Pelabuhan Murhum Kota Baubau sebelum pemberangkatan. (FOTO ASMADDIN)
Penumpukan penumpang di ruang tunggu Pelabuhan Murhum Kota Baubau sebelum pemberangkatan. (FOTO ASMADDIN)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Sejumlah fasilitas di gedung ruang tunggu Pelabuhan Murhum Kota Baubau rusak. Diantaranya eskalator yang digunakan untuk mengakses lantai II dan III ruang tunggu terminal dan mesin X-Ray.

Akibat rusaknya fasilitas tersebut calon penumpang menumpuk di lantai I terminal ruang tunggu Pelabuhan Murhum. Barang bawaan penumpang juga tidak diperiksa seketat saat mesin berfungsi normal.

Pelaksana Harian Kepala KSOP Kelas II Baubau, Herwan Rasyid mengatakan anggaran pemeliharaan sudah tersedia. Namun pihaknya tidak memiliki operator yang mampu mengoperasikan dua alat itu.

“Sama seperti eskalator, kita juga masih tunggu operator X-Ray itu dari Jakarta. Meski begitu, petugas akan tetap memeriksa barang-barang bawaan penumpang secara manual,” ucap Herwan, di kantornya, Kamis 18 Agustus 2022.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan (Kasi Lala) KSOP Baubau, Herman menilai penumpukan terjadi karena keinginan calon penumpang sendiri.

Sebenarnya lantai I,II, dan III (ruang tunggu) itu dibuka buat umum. Hanya saja, calon penumpang biasanya membawa barang bawaan besar sehingga kesulitan membawa barangnya naik ke ruang tunggu yang ada di lantai II dan III.

“Semua penumpang yang sudah mempunyai tiket berhak menggunakan fasilitas yang ada. Kami tidak pernah menutup, silahkan ke atas apabila lantai satu sudah penuh,” imbuhnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Sekda Baubau: Pasien yang Dirawat di RS Siloam Buton Negatif Corona