Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS di Sultra Resmi Dibuka

46
Pj Sekda Sultra, Asrun Lio foto bersama panitia dan peserta Latsar
Pj Sekda Sultra, Asrun Lio foto bersama panitia dan peserta Latsar

KENDARI, Rubriksultra.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio menghadiri sekaligus membuka kegiatan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III angkatan 147, 148, 149 dan 150 lingkup pemerintah kabupaten/kota se-Sultra, di Hotel Ataya Kendari, Senin, 22 Agustus 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pejabat struktural dan fungsional BPSDM Sultra, Kepala BKPSDM Kabupaten Kolaka Utara, para widyaiswara, instruktur dan seluruh peserta pelatihan.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peran yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan negara apalagi untuk negara Indonesia yang wilayahnya sangat luas dan memiliki potensi serta peluang yang sangat besar termaksud Sultra, sehingga diperlukan kemampuan yang memadai dari para penyelenggara negara termaksud PNS.

Sejumlah keputusan strategis mulai dari perumusan kebijakan, implementasi serta pelaksanaan program dan kegiatan dalam berbagai sektor pembangunan dilakukan oleh PNS.

“Pelatihan dasar CPNS merupakan media awal pembinaan untuk membentuk PNS yang berakhlak berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis ,loyal, adaptif, dan kolaboratif sebagai pelayan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Asrun Lio.

“Pelatihan dasar CPNS dilaksanakan secara khusus untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang mampu menunjukan sikap disiplin, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan serta peran PNS dalam kerangka NKRI dan menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas,” ujarnya.

Sementara itu laporan panitia penyelenggara kegiatan Ahmad Yasir menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter yaitu PNS yang dibentuk oleh sikap dan prilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan pengetahuan tentang peran dan kedudukan PNS dalam NKRI serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan peran secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Baca Juga :  Pisah Sambut Danlanal Kendari, Gubernur Sultra Harapkan Sinergitas Terus Ditingkatkan

Adapun yang menjadi peserta dalam pelatihan dasar ini yaitu golongan III angkatan 147, 148, 149 dan 150 berjumlah 160 orang yang berasal dari CPNS pemerintah Kab. Kolaka Utara sebanyak 116 orang, pemerintah Kab. Kolaka sebanyak 34 orang. Pemerintah Kab. Baubau sebanyak 2 orang, Pemerintah Kabupaten Buton Utara sebanyak 8 orang.

Kegiatan Latsar ini terdiri dari empat agenda pembelajaran yaitu pertama, sikap dan prilaku bela negara, kedua, nilai-nilai dasar CPNS, ketiga, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI terakhir agenda habituasi.

Pelatihan dasar CPNS berlangsung selama 51 hari kerja, terdiri dari 21 hari pembelajaran secara klasikal, 30 hari kerja pembelajaran non klasikal atau aktualisasi ditempat kerja.

Pelaksanaan dimulai tanggal 22 Agustus sampai dengan 21 Oktober 2022 bertempat di Hotel Ataya Kendari. (adm)

Facebook Comments