Tukang Ojek di Baubau Bahagia Bisa Salaman Dengan Jokowi

Antusias ribuan warga menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja di Jazirah Kepulauan Buton. (FOTO ISTIMEWA)
Antusias ribuan warga menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja di Jazirah Kepulauan Buton. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Rangkaian kunjungan Presiden RI, Joko Widodo di Kepulauan Buton berlanjut hari ini, Selasa 27 September 2022. Sesuai agenda presiden bakal ke Buton Selatan dan Kabupaten Buton.

Sebelum bergeser ke Buton Selatan dan Kabupaten Buton, Jokowi hadir di Keraton Wolio dalam rangka penyematan gelar kebangsawanan Kesultanan Buton.

- Advertisement -

Jokowi dinobatkan sebagai La Ode Joko Widodo dan mendapatkan gelar Lakina Bhawaangi Yi Nusantara. Dengan gelar tersebut Presiden Jokowi resmi sebagai warga, kerabat serta sesepuh Kesultanan Buton.

Sebagai tambahan informasi, Jokowi mengunjungi jazirah Kepulauan Buton tiba di Bandara Betoambari Kota Baubau kemarin, sekitar pukul 16.35 WITa, Senin 26 September 2022.

Jokowi tampak santai dengan stelan baju kemeja putih dan celana kain hitam tiba di Baubau didampingi sejumlah Menteri, diantaranya Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Di Kota Baubau rombongan Presiden Jokowi disambut langsung Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Selain itu, ribuan masyarakat Kota Baubau juga antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Mereka memadati tepi jalan mulai dari depan pintu masuk-keluar Bandara Betoambari hingga depan hotel tempat presiden dan rombongan menginap.

Pantauan di lapangan, beberapa orang tua rela membopong dua balitanya bertengger di pinggir jalan untuk melihat langsung Presiden dari jarak dekat.

TNI Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Baubau berpakaian lengkap bersiaga. Setiap jarak sekitar 100 meter aparat mengamankan situasi di jalur yang bakal dilalui Jokowi bersama rombongan.

Presiden yang dikawal iring-iringan kendaraan pengamanan paspampres tampak membuka kaca jendela mobil Mercedes-benz yang ditumpanginya.

Saat keluar dari Bandara Betoambari masyarakat langsung menyerbu ingin bersalaman, namun berhasil disterilkan oleh ajudan khusus presiden berpakaian safari hitam-hitam itu.

Baca Juga :  Danrem 143/HO Resmikan Masjid dan Pembangunan Pos Kesehatan Kodim 1413 Buton

Jokowi sempat membagikan beberapa baju kaos hitam bertuliskan “Jokowi” kepada masyarakat.

La Bilu, salah seorang tukang ojek yang beruntung memperoleh baju kaos tampak girang mendapat baju kaos pemberian presiden. Pria yang tinggal di Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari bahkan sempat menjabat tangan Jokowi.

“Saya salaman tadi sama pak Jokowi. Padahal kasarnya tanganku. Alhamdulillah, saya dapat juga baju dikasih Jokowi,” ucap La Bilu dengan girang menjawab temannya sebelum memacu gas motornya.

Presiden Jokowi juga sempat menyapa warga dan pedagang di Pantai Kamali tadi malam. Rencananya presiden nantinya akan berkunjung di Pasar Rakyat Wameo untuk membagikan langsung bantuan kepada pedagang termasuk di Kantor Pos Baubau. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments