Kadis Kominfo Sultra Terpilih sebagai Kandidat Top Digital Award 2022

1661

KENDARI, Rubriksultra.com – Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih sebagai salah satu kandidat pemenang top digital award 2022, Jumat 30 September 2022.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Sultra, diuji selama 2.5 jam yakni dari pukul 14.30 sd 17.00 Wita. Pengujian ini untuk membuktikan kelayakan menerima penghargaan tertinggi bidang teknilogi digital (IT & TELCO) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintah sejak tahun 2016. Kegiatan ini bukan saja pemberian award tetapi aspek edukasi peningkatan implementasi teknologi digital.

Kemudian, moderator membagi 3 sesi, yakni presentasi kandidat selama 20 menit, pendalaman yang dilakukan oleh 5 dewan juri selama 60 menit, penyimpulan dan saran aksi oleh 5 dewn juri dan closment statment oleh kandidat.

Ridwan Badallah mengenakan kostum casual sehingga menarik perhatian kelima dewan juri karena lebih ke “The Man of Digital Milineal” yang mampu meyakinkan dewan juri di depan presentasj yang kompleks membangun Kominfo selama 2 tahun.

Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah menyampaikan, pada 28 Agustus 2020, pihaknya diberikan amanah untuk memimpin Kominfo Sultra.

Pada saat itu, Gedung kantor Kominfo tersembunyi dan sumpek, bahkan infrastruktur IT dan SDM sangat memprihatinkan, persandian dan statistik tidak bekerja dikarenakan tidak ada porsi anggaran.

“Kemudian selama setahun saya sulap menjadi memiliki server bigdata, perekrutan SDM dan bimtek, dan menjadi anggota ke-70 CSIRT dari 34 provinsi dan 514 kab/kota serta ratusan Kementerian/ lembaga vertikal dan non vertikal yang berafiliasi dengan pemerintah serta perbankan,” terangnya.

Lanjut Badallah, hanya setahun dimasa kepemimpinannya, pihaknya telah membalikkan menjadi peringkat 17 dari 20 besar pemerintah daerah (34 prov dan 514 kab/kota) terliterasi digital.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Matangkan Kesiapan Kunjungan Komisi IX DPR RI

“Selama dua tahun (2021 hingha 2022) mempertahankan peringkat 7 keterbukaan informasi publik versi pokja IKIP serta tahun 2021 mengangkat menjadi pemerintahan menuju informatif dan InsyAllah tahun ini INFORMATIF,” jelasnya.

Selanjutnya pada sesi kedua yakni pendalaman yang keseluruhan pertanyaan dewan juri dijawab lugas, sistematis dan kompleks tanpa menggunakan naskah oleh Ridwan Badallah

Selanjutnya, Kadis Kominfo Sultra memberikan saran pada sesi penyimpulan dan saran, namun kesemua dewan juri sepakat dengan kemampuan dan kompetensi kadis kominfo.

Dan diakhir sesi, Kadis kominfo memberikan apresiasi kepada IT wokrshop dalam menyelenggarakan award tahunan melalui ujian kelayakan kandidat.

Selain itu, RB sapaan Kadis Kominfo Sultra, berterima kasih dan bangga telah diuji oleh panulis yang hebat, akademis dan penguji nasional yang telah diberi kesempatan untuk menfapatkan award dari IT WORKS sebagai kandidat pemenang top digital 2022.

Berikut tahapan penilaian :
1. Pengembalian form finalis (wawancara penjurian) yakni 20 okt 2022
2. Wawancara penjurian finalis (daring) yakni 15 sept sd 3 Nov 2022
3. Sidang dewan juri penentuan pemenang yakni 5 sd 9 Nov 2022
4. Webinat TOP DIGITAL AWARD yakni 30 Nov 2022
5. Acara puncak penghargaan TOP DIGITAL AWARDS 2022, 8 Des 2022.

Facebook Comments