KSOP Baubau Siap Dukung Industri Aspal di Buton

Jasra Yuzi Irawan
Jasra Yuzi Irawan

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Jasra Yuzi Irawan siap mendukung industri aspal Buton sesuai instruksi Presiden Joko Widodo saat meninjau pabrik aspal PT Wika Bitumen, di Kabupaten Buton, pada Selasa, 27 September 2022.

Fasilitas penunjang Pelabuhan Lawele guna menunjang distribusi aspal Buton sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Buton.

- Advertisement -

“Pelabuhan (Lawele) memang kita sudah siapkan untuk arah kesana (mendukung Industri Aspal Buton). Cuman, ada beberapa fasilitas penunjang yang harus sama-sama kita fokuskan. Misalnya jalan daerah menuju pelabuhan belum ada. Sehingga kita minta PUPR membuatkan jalan,” ucap Jasra, di kantornya akhir pekan lalu, 30 September 2022.

Sementara dari pihaknya, kata dia, sudah mempersiapkan Dokumen Survei Investigasi Desain (SID) dan Detail Engineering Design (DED) bila sewaktu-waktu pemerintah pusat ingin melakukan pengembangan pelabuhan Lawele.

Bahkan, jika Pemerintah Pusat terbatas anggaran melakukan pengembangan, Pelabuhan Lawele bisa dikelola oleh pihak swasta dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Jadi kalau ada pihak swasta ingin kelola pelabuhan, silakan kerjasama dengan kita,” tandasnya. (adm)

 

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Kenakan Sarung Buton, 11 Turis Asing Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI