790 Pelajar di Mubar Dapat Beasiswa

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mubar, Ahmad Ramadhan berpose bersama siswa usai menyerahkan bantuan beasiswa kepada perwakilan pelajar di Mubar, Senin 17 Oktober 2022. (FOTO SULFIAN)
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mubar, Ahmad Ramadhan berpose bersama siswa usai menyerahkan bantuan beasiswa kepada perwakilan pelajar di Mubar, Senin 17 Oktober 2022. (FOTO SULFIAN)

LAWORO, Rubriksultra.com – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberi perhatian pada siswa dan siswi berprestasi. Hal itu diwujudkan dengan pemberian program beasiswa berupa bantuan uang tunai.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mubar, Ahmad Ramadhan menjelaskan pada tahun ini, tercatat sebanyak 790 pelajar berprestasi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diberi beasiswa. Beasiswa diberikan pada siswa dan siswi yang berprestasi secara akademik dan non akademik baik dilevel daerah maupun nasional.

- Advertisement -

“Program beasiswa prestasi merupakan kegiatan yang telah dijalankan Pemkab Mubar sejak 2018. Seluruh pelajar berprestasi tingkat SD dan SMP didata lalu dimasukan sebagai penerima beasiswa,” ungkapnya saat ditemui usai menyerahkan bantuan beasiswa kepada perwakilan pelajar di Mubar, Senin 17 Oktober 2022.

Untuk beasiswa akademik diberikan kepada pelajar SD maupun SMP yang mendapatkan juara satu umum dan juara kelas. Kemudian untuk beasiswa pelajar non akademik adalah beasiswa untuk siswa dan siswi yang juara untuk kegiatan olahraga dan seni.

Total penerima biasiswa akademik tingkat SD sebanyak 498 orang. Kemudian untuk penerima beasiswa prestasi akademik tingkat SMP sebanyak 107 orang.
Seluruh penerima beasiswa merupakan juara sekolah dan juara Olimpiade Sains Nasional (OSN). Sementara untuk penerima beasiswa prestasi non akademik tingkat SD dan SMP di bidang olahraga sebanyak 185 orang.

“Empat orang pelajar SMP berprestasi tingkat nasional cabang olahraga silat dan dua orang pelajar SMP terpilih mewakili Sultra pada kejuaraan Gala Siswa Indonesia tingkat nasional,” jelasnya.

Total anggaran beasiswa prestasi 2022 sebanyak Rp 300 juta. Penyaluranya dilakukan secara langsung dengan mengundang beberapa orang perwakilan siswa dan kepala sekolah masing-masing.

Baca Juga :  Oktober, AMAN Berkunjung di Mubar

“Untuk besaran beasiswa yang diterima setiap siswa berbeda-beda. Mulai dari besaran Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000. Semua disesuaikan dengan kategori juara atau event yang diikuti,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Sulfian

Facebook Comments