HUT Baubau ke-21, Baubau Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

110
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama sejumlah tokoh dan tamu undangan dalam momentum upacara HUT Baubau, di lapangan lembah hijau, Senin 17 Oktober 2022. (FOTO : Samsudin Kominfo Baubau for Rubriksultra)
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama sejumlah tokoh dan tamu undangan dalam momentum upacara HUT Baubau, di lapangan lembah hijau, Senin 17 Oktober 2022. (FOTO : Samsudin Kominfo Baubau for Rubriksultra)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Peringatan Hari Jadi Baubau ke 481 tahun dan HUT Kota Baubau ke-21 diharapkan menjadi momentum introspeksi dalam pelaksanaan agenda pembangunan, terutama upaya pemulihan ekonomi dan recovery kondisi daerah pasca pandemi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menjadi Inspektur upacara, di Lapangan Lembah Hijau, Senin 17 Oktober 2022.

Monianse menjelaskan tahun 2022 Kota Baubau berhasil bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi dengan memperoleh tingkat pertumbuhan ekonomi 4,15% dari minus 0,18 di tahun sebelumnya. Selain itu, kota pemilik benteng terluas di dunia itu juga berhasil meraih beberapa prestasi di tingkat lokal, regional maupun nasional.

“Berbagai karya pembangunan yang telah dicapai selama ini, tentunya merupakan buah kerja keras semua pihak, baik pemerintah, swasta dan komponen pelaku pembangunan lainnya dalam masyarakat,” paparnya.

Dikatakan peringatan hari jadi Kota Baubau mengingatkan kembali bahwa 481 tahun yang lalu menjadi catatan sejarah dilantiknya Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis pada tahun 1542 Masehi atau 948 Hijriah sebagai Sultan Buton pertama.

Hal itu sekaligus menjadi simbolisasi masuknya Islam di Buton yang menjadi awal mula penentuan hari jadi Kota Baubau.

Dalam rentan waktu tersebut, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya silih berganti, bekerja keras dan bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik.

Moanianse juga mengapresiasi dan berbangga atas jasa serta pengabdian tulus dari para pendahulu, yang memiliki semangat yang kuat untuk berjuang dalam meletakkan pondasi Kota Baubau untuk terus maju, menuju masyarakat sejahtera dengan tingkat kehidupan yang lebih baik termasuk kepada seluruh masyarakat, para perantau dan aparat yang telah berbakti di Kota Baubau.

Baca Juga :  Imigrasi Baubau Terima Panggilan Pembuatan Paspor di Rumah

Pantauan Rubrik Sultra, upacara tersebut kental dengan nuasan budaya dan diikuti sejumlah pejabat penting, diantaranya Irjen Kemenkumham Razilu, Anggota DPD RI, Amirul Tamim, Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman, dan sejumlah kepala daerah lainnya yang ada di Sultra. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments