Peringatan Sumpah Pemuda, Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas saat memimpin upacara dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat 28 Oktober 2022. (FOTO ISTIMEWA)
Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas saat memimpin upacara dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat 28 Oktober 2022. (FOTO ISTIMEWA)

KENDARI, Rubriksultra.com – Pemprov Sultra menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang berlangsung hikmat dengan mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa.”

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Jumat 28 Oktober 2022, dipimpin Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas.

- Advertisement -

Tampak hadir, Forkopimda, Para Kepala OPD, para Pejabat Struktural dan Duta Budaya Sultra 2022. Peserta upacara berasal dari 3 matra angkatan bersejata dan Polri serta Brimob Polda Sultra.

Selain itu, peserta upacara juga berasal dari Satpol PP sebanyak 1 SST, ASN dari masing-masing OPD berjumlah 20 orang dan siswa SMA/SMK masing-masing 20 orang.

Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh Purna Paskibraka Daerah tahun 2022 dan diiringi Korsi Pol PP mengiring lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor melemahkan,” kata Wagub Sultra, Lukman Abunawas saat membacakan amanat Menpora RI.

Hari Sumpah Pemuda ini kata Wagub, Lukman Abunawas selalu memiliki arti penting, karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indinesia.

Tema yang diangkat dalam peringatan sumpah pemuda tahun ini, memberi pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan untuk menjadi kekuatan.

Tema tersebut menjadi pengejawatahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” tuturnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Angkat Disertasi Kinerja DPRD Sultra, Saprudin Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude