Cuaca Ekstrem, 13 Rumah di Desa Kancebungi Buteng Rusak 

Tampak rumah di Desa Kancebungi rusak akibat angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi sekira pukul 21.00 WITa, Sabtu malam 24 Desember 2022. (Foto Anto)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Sedikitnya 13 rumah warga di Desa Kancebungi, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrem. Angin kencang dan gelombang tinggi terjadi sekira pukul 21.00 WITa, Sabtu malam 24 Desember 2022.

“Sebagian rumah di daerah pesisir pantai mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan sampai dengan rusak parah karena ombak berbarengan dengan angin kencang,” kata Kepala Desa Kancebungi, Sahiruddin.

- Advertisement -

Dari 13 rumah warga yang mengalami kerusakan, 4 rumah diantaranya mengalami kerusakan berat dan 9 rumah mengalami kerusakan ringan. Kejadian tersebut membuat warga desa di pesisir pantai Kancebungi harus diungsikan dari rumahnya.

“Semalam sebagian warga desa harus mengungsi dari rumahnya yang berada di pesisir pantai untuk menghindari hantaman cuaca ekstrem susulan. Namun pagi ini sebagian sudah kembali guna untuk memperbaiki rumahnya yang rusak,” jelasnya.

Sahiruddin menerangkan, kejadian cuaca ekstrem seringkali terjadi di Desa Kancebungi khususnya pada musim barat. Namun kejadian kali ini merupakan kejadian yang lebih parah dibanding tahun sebelumnya, hingga mengakibatkan banyaknya rumah yang mengalami kerusakaan.

Saat ini, Pemerintah Desa Kancebungi berupaya akan memberikan bantuan kepada warganya yang mengalami musibah akibat cuaca ekstrem tersebut. Selain itu, Pemdes juga berupaya untuk menginformasikan kejadian tersebut ke pemerintah daerah untuk segera melakukan tangap darurat di wilayah Kancebungi.

“Kami berupaya untuk berikan bantuan. Kami juga pemerintah desa berusaha menginformasikan kejadian ini ke pemerintah daerah,” tutupnya. (Adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  17 Jabatan CPNS Buteng Sudah Terisi, 34 Kosong