Kelurahan Labalawa Diproyeksi Menjadi Kota Baru di Baubau

Andi Hamzah
Andi Hamzah

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau memproyeksikan wilayah Kelurahan Labalawa Kecamatan Murhum bakal menjadi kota baru atau pusat pemukiman baru di Kota Baubau.

Kadis PUPR Kota Baubau, Andi Hamzah menjelaskan wilayah Labalawa memiliki potensi untuk pengembangan pusat kota baru dan kawasan pemukiman. Berbeda dengan daerah yang ada di kawasan Sorawolio yang masih masuk kawasan hutan lindung.

- Advertisement -

“Harapan kami ke depan di wilayah Labalawa itu bisa menjadi kota baru karena potensinya hanya itu yang bisa dilakukan karena kalau di daerah lain seperti Sorawolio masih kendala dengan hutan lindung,” ungkapnya.

Dikatakan dengan dibukanya jalan-jalan baru beberapa tahun terakhir mulai mengintervensi pembangunan di wilayah kecamatan terluar dan memberikan ruang sebesar-besarnya kepada investor dan pengembang perumahan untuk berinvestasi.

Selain itu dapat menggiring aktivitas pembangunan yang dilakukan masyarakat supaya jangan hanya melakukan aktivitas pembangunan di dalam kota saja, tetapi bagaimana mengembangkan di luar kota seperti misalnya di kelurahan Labalawa.

“Hari ini ada jalan lingkar kita harapkan ke depan Labalawa bukan lagi daerah terbelakang tetapi kita menjadikan perhatian juga mulai dari investor ataupun pengembang-pengembang termasuk Sorawolio dan Bungi,” ujar Andi Hamzah.

Kata dia, dengan menciptakan banyak jalan membuat arus transportasi menjadi tidak padat dan bisa terurai.

Kemudian yang terpenting bagaimana memindahkan kepadatan penduduk di wilayah tertentu yang bisa mengembangkan di luar wilayah kecamatan terluar.

“Sekarang khan kita arahkan pembangunan pembangunan perumahan di wilayah Labalawa di sana juga akan kita jadikan kawasan pemerintahan,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Disdukcapil Baubau Buka Layanan Keliling Kecamatan