Gubernur Sultra Minta Sinergitas dengan MUI Ditingkatkan

Gubernur Sultra Ali Mazi saat membuka Rakorda MUI Provinsi Sultra di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Sabtu 28 Januari 2023. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyatakan hubungan kemitraan dan sinergitas yang kuat antara pemerintah daerah dengan MUI telah terjalin. Ia pun berharap hubungan kemitraan tersebut dapat terus dirawat, dijaga dan dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi ke depannya.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sultra saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023 di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Sabtu 28 Januari 2023.

- Advertisement -

Rakorda MUI tahun ini mengusung tema “Meneguhkan peran MUI dalam merawat ukhuwah untuk pembangunan Sultra yang maju dan merata”.

Dari tema tersebut bermakna, MUI memiliki peran dalam membangun dan mempererat Ukhuwah (hubungan persaudaraan), yakni Ukhuwah Islamiyah (internal umat Islam), Ukhuwah Wathaniyah (antar sesama anak bangsa Indonesia) dan Ukhuwah Insaniyah (antar sesama umat manusia) dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi berpose bersama sejumlah pengurus MUI Provinsi Sultra pada Rakorda yang digelar di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Sabtu 28 Januari 2023. (Foto Istimewa)

Hadir pada acara tersebut selain Ketua Umum Majelis MUI Sultra, juga tampak Ketua DPRD Sultra, Forkopimda Sultra, Kabinda Sultra, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Ka. Kanwil Kementerian Agama Sultra, Ketua dan Segenap Pengurus Wilayah MUI Sultra, Pj. Walikota Kendari, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Ketua dan Pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Sultra, Pimpinan Ormas Islam dan Pondok Pesantren, Para Alim Ulama dan Tokoh Agama serts Peserta Rakorda MUI Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, dalam dua tahun terakhir telah dilaksanakan berbagai agenda penting dan strategis, salah satunya adalah Forum Musyawarah Daerah MUI Provinsi Sultra pada tanggal 22 Januari 2021 untuk memilih kepengurusan MUI Provinsi Sultra.

“Olehnya itu, menjadi indikasi nyata adanya hubungan kemitraan dan sinergitas yang kuat antara pemerintah daerah dengan MUI,” katanya.

Baca Juga :  Kembangkan UMKM di Busel, Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Mantan Ketua DPW Partai Nasdem ini menyampaikan terima kasih kepada MUI yang telah membantu pemerintah daerah melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam mewujudkan Sultra yang berbudaya dan beriman.

Ali Mazi menegaskan, dengan membangun ukhuwah yang kuat dapat menjadi modal utama dalam melakukan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat. (Adv)

Facebook Comments