Anggota Parlemen Kota Anyang Korsel Tertarik Promosikan Baubau ke Investor

Anggota Parlemen Kota Anyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan (Koresl), Kim Dohyun berpose bersama mahasiswa asal Korsel dan Anggota DPRD Baubau. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Anggota Parlemen Kota Anyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan (Koresl), Kim Dohyun memuji Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kota Baubau. Kim Dohyun mengaku tertarik untuk mempromosikan potensi Baubau kepada investor di negeri ginseng itu.

Pujian itu disampaikan langsung Kim Dohyundalam kunjungan resminya bersama 18 mahasiswa dari Korea Selatan di kantor DPRD Baubau, Kamis 2 Februari 2023.

- Advertisement -

Kunjungan anggota parlemen dari Korsel tersebut disambut langsung Ketua DPRD Baubau, Zahari didampingi Wakil Ketua H. Kamil Adi Karim dan Nasiru bersama sejumlah Anggota DPRD Baubau.

Ketua DPRD Baubau, Zahari mengatakan, kunjungan tersebut berdampak baik bagi kedua belah pihak. Kunjungan ini diharapkan akan semakin mempererat tali silaturahmi masyarakat Baubau dengan Korea Selatan.

Zahari meminta ke depan kunjungan bukan hanya kerjasama di bidang pendidikan, melainkan kerja sama lebih jauh di bidang lain sesuai potensi yang dimiliki Baubau.

“Tadi kami menyarankan kalau bisa nanti dilihat potensi apa yang bisa dikembangkan, kota baubau inikan punya potensi. Nah, responnya baik, dia akan memaparkan potensi di Baubau kepada perusahaan di sana (Korea),” katanya.

Anggota Parlemen Kota Anyang, Kim Dohyun mengatakan, banyak daerah di Indonesia punya potensi baik. Salah satunya Kota Baubau yang memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi.

“Saya dengar Kota Baubau memiliki potensi sumber daya alam terbaik di pulau Sulawesi,” ujarnya.

Kata Kim, alasan memilih Kota Baubau untuk dikunjungi, selain pertukaran budaya di bidang pendidikan, juga karena ia tertarik dengan masyarakat Baubau yang sudah lama mengenal bahasa dan aksara Korea.

“Kemudian karena tahun ini merupakan tahun ke-50 kerjasama antara Korea dan Indonesia dan tahun ini adalah ulang tahun kota Anyang yang ke-20,” kata Kim.

Baca Juga :  Kemenag Baubau Menuju Zona Integritas WBK dan WBBM

Dengan potensi yang ada di Baubau, wakil rakyat di kota terbesar ke-20 di Korea Selatan ini berjanji akan berusaha mencari perusahaan-perusahaan yang bisa berinvestasi di Kota Baubau.

“Kita juga akan mempertahankan hubungan baik ini. Jadi setiap tahunnya kami akan datangkan dua kuarter rombongan dari Korea ke Baubau setiap bulan Agustus. Mengenai teknologi, perikanan, dan potensi lain akan melaporkan kepada pihak DPR di Korea kemudian dia akan berusaha mencari perusahaan-perusahaan yang bisa berinvestasi di Kota Baubau,” katanya.

Kim mengaku mengenal Kota Baubau dari Prof. Jong guru Hangeul sekolah Korea di Baubau yang telah lebih dari 10 tahun berada di Baubau.

“Saya berterimakasih kepada Prof Jong sehingga saya bisa mengetahui Kota Baubau,” pungkasnya.

Sementara itu perwakilan Kota Anyang, Park Yang Suk mengaku terpukau dengan keindahan Kota Baubau.

“Setiap kali ke sini saya berpikir Kota Baubau adalah Kota yang cantik dan senang bisa belajar budaya Baubau dan bisa memperluas budaya Korea di sini,” tutur wanita yang sudah dua kali berkunjung ke Baubau.

Untuk diketahui yang menghubungkan program ini dengan Pemerintah Kota Baubau adalah Jung Deuk Young selaku penanggung jawab Hangeul, Kim Hal Lan selaku kepala kantor pusat KCCA di Korea. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments