Buka Rakerwil Kemenag Sultra, Ali Mazi Serukan Jaga Kerukunan Umat

22
Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat membuka Rakerwil Kemenag Sultra di aula Asrama Haji Kota Kendari, Jumat 17 Februari 2023. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi menyerukan kerukunan umat beragama. Hal itu disampaikan saat membuka acara kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra dengan Tema “Kerukunan Umat untuk Sulawesi Tenggara Bermartabat dan Indonesia Hebat” dia aula Asrama Haji Kota Kendari, Jumat 17 Februari 2023.

Ali Mazi mengatakan, komponen besar pembangunan yang ada di Sultra adalah Lembaga Vertikal. Salah satunya Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama yang sangat potensial yang diharapkan mampu menjadi pioner dan kader pembangunan ke depan.

Olehnya diharapkan seluruh aparatur di lingkup Kemenag se-Sultra untuk terus melakukan proses pembinaan dan pengembangan ASN serta penataan organisasi sebagai instansi vertikal yang selalu dilandasi komitmen kerja secara profesional, serta mampu berkontribusi pada capaian visi dan misi pembangunan daerah khususnya yang berkaitan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia pada sektor keagamaan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, saya berterima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Suultra yang sudah bekerja keras membantu Pemerintah Daerah pada pembangunan bidang pendidikan keagamaan,” tutup Gubernur Sultra.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI, H. Nizar mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kanwil Kementerian Agama Sultra yang telah menyelenggarakan kegiatan Rakerwil sebagai wujud tindak lanjut dari Rakernas yang diselengarakan di Surabaya pada tanggal 4-6 Februari 2023 lalu.

“Ada 9 program strategis Kemenag Agama dan salah satu program adalah peningkatan kerukunan umat beragama spesifik di Sulawesi Tenggara,” tandasnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat berada di aula Asrama Haji Kota Kendari, Jumat 17 Februari 2023. (Foto Istimewa)

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra, H. Zainal Mustamin menyampaikan dalam situasi politik tahun ini, masyarakat menghadapi situasi kebinekaan yang rentang dimanfaatkan pihak-pihak yang hendak menganggu kestabilitas persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu persatuan dan kesatuan yang menjadi prasarat pembangunan wilayah membutuhkan stabilitas keamanan. Hal ini akan terwujud apa bila antarmasyarakat rukun dan damai.

Baca Juga :  Sultra Diharapkan Jadi Pusat Pembinaan Dayung Nasional

“Pada 2023 ini Kanwil Kemenag Sultra melalui gerakan Kemenag Sultra yaitu bersahabat, bersih, religius, santun, harmonis dan berbasis teknologi dengan tagline 3-B (Bersama, Bersatu, Bersaudara) yang bermakna bersama, kita bersatu, kita kuat,” katanya.

Dalam mewujudkan program prioritas Menteri Agama pada Rakerwil, dilakukan penajaman pada beberapa program prioritas dan pencapaian visi tahun 2023. Ada komisi yang mempertajam peningkatan profesional ASN dan merespon cepat penanganan isu dimasyarakat, ada juga komisi yang membahas komitmen anti koruksi dan percepatan realisasi program prioritas serta komisi yang akan membahas kontribusi ketercapaian 10 juta sertifikat tes halal di Sultra yang ditindaklajut pada program Menteria Agama pada tahun 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, Kepala Biro Umum Kementerian Agama RI Fesal Musaad, S. Pd., M. Pd, Forkopimda Sultra, Sekretaris Daerah Drs. Asrun Lio,M.Hum,P.hD, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah pada Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, H. Zainal Mustamin, S. Ag, M.A yang baru saja dilantik sebagai Plt. Ka.Kanwil Kementria Agama Sultra, Kepala Kantor Kementerian Kabupaten/Kota se-Sultra, Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Kanwil Kementerian Agama Prov. Sultra, Kepala Kantor Urusan Agama se-Sultra, Rektor IAIN Kendari , para Pimpinan Tinggi Madrasah/Pesantren se-Sultra, para Kyai, Pimpinan Lembaga/Ormas Keagamaan Wilayah Sultra, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan.(adv)

Facebook Comments