Komisi III DPR RI: Inovasi Pelayanan Publik Kemenkumham Sultra Berkualitas

Foto bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba dengan anggota DPR RI Komisi III. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Komisi III DPR RI memuji kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sultra yang telah menghadirkan inovasi-inovasi pelayanan publik yang hebat dan berkesinambungan.

Hal itu disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) masa reses persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 di Kanwil Kemenkumham Sultra, Rabu 22 Februari 2023 bersama dengan Pengadilan Tinggi Sultra, Pengadilan Tinggi Agama Sultra dan Pengadilan Tata Usaha Negeri Kendari.

- Advertisement -

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni (Fraksi Partai Nasdem) bersama 7 anggota lainnya diantaranya Arteria Dahlan (Fraksi PDI Perjuangan), Johan Budi Sapto Pribowo (Fraksi PDI Perjuangan).

Rudy Mas’ud (Fraksi Partai Golkar), Wihadi Wiyanto (Fraksi Partai Gerindra), Hinca IP Pandjaitan XIII (Fraksi Partai Demokrat), Santoso (Fraksi Partai Demokrat), dan R. Achmad Dimyati Natakusumah (Fraksi PKS).

Arteria Dahlan mengatakan bahwa jajaran Kemenkumham Sultra telah bekerja dengan kepemimpinan yang baik yang mampu melahirkan pelayanan publik yang berkualitas.

“Kita apresiasi kerja hebat, kerja cerdas, kerja tekun yang dilakukan oleh Pak Kakanwil Kemenkumham Sultra (Silvester Sili Laba) yang mampu menghadirkan kerja-kerja hebat yang berkesinambungan serta inovasi-inovasi pelayanan publik di sektor keimigrasian, lapas dan sebagainya,” ungkapnya.

Menurut Politisi jebolan Universitas Trisakti ini bahwa dengan kondisi kontur geografis yang berbeda dengan daerah-daerah lain serta penuh keterbatasan, sangat jarang yang mampu memberikan pelayanan publik yang begitu prima.

Namun Kemenkumham Sultra mampu melahirkan pelayanan berkualitas. Sehingga dia yakin Kemenkumham Sultra mampu menjadi role model bagi daerah lain.

“Kami melihat suasana kebatinan teman-teman disini bekerja dengan kepemimpinan yang begitu terukur sehingga lahir inovasi-inovasi yang boleh kita katakan tidak pernah terpikir sebelumnya. Disini tidak seperti di tempat yang lain kultur geografis, rentan kendali sumber daya manusia dan sarana prasarana relatif terbatas tapi teman-teman Kementerian Hukum dan HAM di segala Divisi baik itu di Pemasyarakatan, baik itu di Imigrasi maupun yang lain mampu hadirkan pelayanan publik yang begitu prima, pelayanan publik yang begitu bagus,” katanya.

Baca Juga :  Pemkot Baubau Porsikan Rp 250 Juta Untuk Listrik Gratis

Dia berharap kondisi saat ini tetap dipertahankan sehingga menjadi contoh untuk daerah lain yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sultra bisa berarti daerah-daerah yang lain pun harus bisa. Mudah-mudahan ini baisa menjadikan contoh dan mudah-mudahan juga grakyat bisa merasakan kehadiran pelayanan publik yang dilakukan oleh teman-teman Kumham Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, mengaku akan melaporkan hasil RDP tersebut ke pimpinan pusat. Sekaligus akan melaksanakan saran-saran yang disampaikan oleh DPR RI tersebut.

“Terimakasih atas kunjungan DPR RI di Kantor Wilayah, semoga kami selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi yang ada di Wilayah Sultra. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments