Kebakaran Hebat di Palatiga Baubau

Sekitar lima rumah di jalan Gatot Subroto Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI) Kecamatan Wolio terbakar sekira pukul 14.00 WITa Kamis 23 Februari 2023. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kebakaran hebat terjadi di Palatiga, jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Kecamatan Wolio, Kota Baubau sekira pukul 14.00 WITa, Kamis 23 Februari 2023. Kejadian naas itu memgakibatkan tiga rumah rata dengan tanah, sementara dua lainnya sebagian dilalap api.

“Setelah mendapat laporan masyarakat, armada langsung meluncur ke TKP,” kata Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baubau, La Ode Nur Alam Ndoaka, dikonfirmasi usai kejadian.

- Advertisement -

La Ode Nur Alam mengaku cukup kewalahan dikarenakan medan yang cukup sulit berada tidak jauh dari tanjakan, sehingga mobil berisi air penuh harus memutar jauh karena sulit menanjak di pendakian eks Kantor DPRD Baubau. Selain itu, sebagian besar rumah terbakar terbuat dari kayu sehingga api cepat besar melahap rumah.

Olehnya itu, pihaknya meminta bantuan dua unit mobil dari posko Palagimata dan satu unit dari posko Bungi sehingga mobil yang bekerja di lapangan berjumlah tujuh unit, lima mobil damkar (penyemprot) dan dua mobil delivery sebagai penyuplai air.

“Kami bolak-balik ambil air karena api cukup besar sebab rumah yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu, sehingga kami cukup lama memadamkan api sekitar satu jam, yang lama pendinginannya sekitar satu jam karena banyak titik yang terbakar,” katanya.

La Ode Nur Alam mengatakan personel yang diturunkan satu peleton dibantu dengan 50 personel lepas.

Selain itu, pihaknya juga cukup kesulitan karena masyarakat juga antusias mencoba membantu memadamkan api dengan menarik selang dari mobil, tanpa mengetahui ada SOP khusus penarikan selang.

“Kami berharap kepada masyarakat ketika meninggalkan rumah tolong selalu di cek kompor dan cabut colokan listrik yang tidak terlalu dibutuhkan,” pungkasnya. (Adm)

Baca Juga :  BPJS Baubau Bayar Tunggakan Rp 17,6 Miliar

Laporan : Ady

Facebook Comments