DPC HKTI Baubau, Buteng dan Wakatobi Dikukuhkan

Pose bersama usai pengukuhan DPD HKTI di Gedung Convention Center Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Baubau, Sabtu 25 Februari 2023. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Baubau,  Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dan Kabupaten Wakatobi resmi dikukuhkan, di Gedung Convention Center Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Baubau, Sabtu 25 Februari 2023.

Ketua DPD HKTI Sultra, Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka mengukuhkan langsung Dr. Wa Ode Al Zarliani sebagai Ketua DPC HKTI Baubau, Darsono sebagai Ketua DPC HKTI Buteng dan Hermansyah Pagala sebagai Ketua DPC HKTI Wakatobi. Pengukuhan disaksikan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan sejumlah anggota DPRD Kota Baubau.

- Advertisement -

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, hadirnya HKTI adalah representasi para petani di seluruh Kepulauan Buton.

“Olehnya kegiatan ini merupakan momentum penting menajamkan peran organisasi HKTI dalam membangun sinergi dan fasilitas negeri dalam mendukung sektor pertanian dan ketahanan pangan dengan berbagai tantangan yang ada,” katanya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini berharap dengan hadirnya HKTI mampu menjadi pengendali inflasi dan mampu menghadapi krisis pangan ke depan agar sektor pertanian dan pangan terus semakin kuat.

“Selain itu HKTI juga harus mampu menghadirkan inovasi teknologi dan digitalisasi pertanian agar para petani kita tidak lagi berjibaku dengan sistem pertanian konvensional sehingga hasil produksi para petani kita lebih maksimal,” imbuh Monianse.

Ketua DPD HKTI Sultra Andi Sumangerukka berjanji akan mensejahterakan petani di Sultra dengan merancang program yang tentunya sejalan seirama dengan program pemerintah.

“HKTI adalah mitra pemerintah, kita menjembatani masalah-masalah yang dihadapi oleh petani,” katanya.

Andi Sumangerukka juga akan mengubah mindset masyarakat yang menilai pekerjaan sebagai petani itu hanya pekerjaan sampingan. HKTI Sultra berkomitmen akan memberikan pendampingan kepada para petani supaya bisa sejahtera sehingga orang-orang maupun anak-anak muda kaum milenial tertarik menjadi petani.

Baca Juga :  Mengenang AS Tamrin, Ketua PWI Sultra : Almarhum Sahabat, Kolega dan Orang Tua Kami

“Selama ini orang merasa pekerjaan petani itu pekerjaan sampingan, ke depan tidak lagi seperti itu. Kita ingin petani itu adalah pekerjaan yang mulia,” tandasnya.

Ketua DPC HKTI Baubau, Dr. Wa Ode Al Zarliani berkomitmen akan membawa HKTI Baubau semakin lebih baik. Ia akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah supaya program lebih menggeliat dan manfaat dari programnya terasa.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kita akan buktikan bahwa HKTI Baubau maupun di seluruh Sultra mampu memberikan warna untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan masyarakat tani dan pelaku bisnis lainnya serta menjadikan sektoral pertanian sebagai basis untuk mewujudkan pembangunan pertanian masyarakat yang sejahtera,” ujarnya. (Adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments