Kominfo Sultra Konsultasi Giat Persandian di BSSN

Rombongan Diskominfo Sultra saat bertemu pimpinan BSSN yang dilaksanakan ruang rapat BSSN, Senin 13 Maret 2023. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Kepala Dinas Kominfo Sultra, Dr. (Cand) M. Ridwan Badallah diwakili Kabid Persandian, Richardin M. Pua, didampingi salah satu fungsional sandiman melakukan konsultasi dan koordinasi mengenai kegiatan persandian yang akan dilakukan pada tahun 2023-2024 yang dilaksanakan ruang rapat BSSN, Senin 13 Maret 2023.

Rombongan Diskominfo Sultra langsung diterima Tim BSSN Jakarta dipimpin Marcellina serta staf dan fungsional.

- Advertisement -

Dalam pertemuan itu, ada empat point yang menjadi topik pembahasan. Pertama membahas penghargaan tokoh inspiratif untuk Pimpinan Daerah yaitu Gubernur dan Kadis Kominfo yang telah berjasa dalam pengembangan keamanan siber di wilayah Provinsi Sultra yang akan di berikan pihak BSSN Jakarta di tahun ini.

Kedua pendidikan pelatihan dasar sandiman untuk Jabatan Fungsional dan pimpinan yang akan dikolaborasikan dengan BSSN Jakarta untuk dilaksanakan baik di Jakarta maupun di Kendari. Pendidikan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga teknis di Bidang Persandian untuk pengaman Siber dan informasi di era digitalisasi.

Ketiga melakukan persiapan untuk pengadaan mandiri alat kontra penginderaan, dalam rangka mengamankan kegiatan atau tempat VVIP di Provinsi Sultra. Olehnya itu, pihak BSSN Jakarta siap melakukan Bimtek untuk penggunaannya baik secara luring maupun daring.

Keempat, dalam rangka penggunaan penilaian index, Kominfo Sultra akan melakukan pengawasan dan monitoring, serta evaluasi kegiatan keamanan Siber dan informasi. Pihak BSSN Jakarta pun siap melakukan Bimtek Teknis agar pelaporan serta penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pihak BSSN Jakarta, kepada seluruh provinsi dan kab/kota.

“Selain itu, kami dari Bidang Persandian didukung oleh pimpinan yaitu Kadis, dalam bentuk kebijakan anggaran maupun kebijakan lainnya untuk terus kinerja baik agar Bidang Persandian Diskominfo Provinsi Sultra, menjadi ujung tombak dalam rangka keamanan Siber dan informasi di wilayah timur indonesia,” kata  Kabid Persandian, Richardin M. Pua

Baca Juga :  Perangi Corona di Sultra, PT.VDNI dan PT.OSS Bantu Ribuan Logistik Kesehatan

Pada kesempatan itu juga pihak BSSN Jakarta berterima kasih atas kedatangan tim Persandian dan mereka berharap agar apa yang sepakati dan direncanakan bisa terwujud pada tahun ini dan tahun yang akan datang. (adm)

Facebook Comments