Pemkab Mubar Raih UHC Award

Pj Bupati Mubar Bahri yang didampingi Sekda Mubar LM.Husein Tali, saat menerima penghargaan UHC Award di Jakarta, Selasa 14 Maret 2023. (Foto Istimewa)

Laworo, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) mendapatkan penghargaan Universal Helalth Coverage (UHC) Award. Penghargaan diserahkan langsung Mentri Dalam Negri Tito Karnavian Pj Bupati Mubar Bahri yang didampingi Sekda Mubar LM.Husein Tali serta disaksikan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Semua dapat dilihat dari capaian kinerja Pemkab Mubar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Yaitu 100 persen masyarakat Mubar berhasil didaftarkan dan dilindungi JKN.

- Advertisement -

“Hari ini Mubar menerima penghargaan UHC yang pertama kalinya. Luar biasa, kita masuk dalam 334 kabupaten yang sudah menyelenggarakan UHC dengan presentase 100 persen,” ,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemedagri itu menjelaskan, penyediaan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat adalah program prioritas yang harus dilaksanakan. Untuk itu Pemkab Mubar melakuakan jaminan sosial tersebut ke dalam BPJS kesehatan.

“Jadi kita menyediakan akses layanan kesehatan untuk masyarakat Mubar, yang mana akses layanan kesehatan saat ini 100 persen. Artinya kita sudah mendaftarkan seluruh masyarakat Mubar (sebagai peserta JKN) sehingga bisa mendapatkan akses layanan kesehatan gratis. Baik pada fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjutan, asalkan berKTP Mubar,” terangnya.

Ia menambahkan,  penghargaan UHC yang diraihnya merupakan wujud dari kerja bersama seluruh stakeholder pemerintahan di Mubar. Makanya semangat kerja bersama itu harus tetap terjaga bahkan ditingkatkan.

“Kita akan pertahankan ini. Komitmen Pemda hari ini akan terus menyediakan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Kemudian kita juga masih sangat perlu memperkuat sarana dan prasaran kesehatan di Mubar,” tutupnya. (adm)

Laporan: Sulfian

Facebook Comments
Baca Juga :  Disoroti Sering Safari Ramadan di Muna, Rajiun : Itu Isu Murahan