Ali Mazi Komitmen Bantu Pelaku Industri Kecil Menengah

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat menyerahkan bantuan kepada pelaku IKM saat Musrenbang RKPD Sultra 2024 di Ballroom Tamimu Villa Nirwana Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, berkomitmen meningkatkan produktivitas para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Komitmen tersebut ditunjukan dengan membantu para pelaku IKM dengan sejumlah peralatan berupa mesin jahit dan peralatan pendukung lainnya.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi, kepada pelaku IKM di Kepulauan Buton (Kepton) meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Tengah (Buteng), bertepatan dengan Musrenbang RKPD Sultra 2024 di Ballroom Tamimu Villa Nirwana Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023.

- Advertisement -

“Semoga bantuan ini digunakan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga penerima bantuan,” ucap Ali Mazi sembari menyerahkan bantuan.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sultra tahun 2024, di Ballroom Tamimu Nirwana Buton Villa, Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023. (Foto Ady)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sultra Siti Saleha menambahkan, bantuan peralatan kepada sejumlah IKM tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas IKM. Selain itu juga sarana prasarana itu diharapkan dapat meningkatkan daya saing para IKM.

“Itulah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sultra dalam memperhatikan, untuk bagaimana IKM-IKM yang ada di Sultra khususnya Kota Baubau untuk meningkatkan daripada daya saing mereka,” jelas Siti Saleha.

Siti Saleha mengatakan, peningkatan produktivitas maupun peningkatan daya saing tersebut sangat perlu mengingat selama ini Dinas Perindag Sultra sudah memfasilitasi bantuan mesin-mesin yang dibutuhkan oleh para pelaku IKM, disamping memberikan pelatihan dan pendampingan.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat menyerahkan bantuan kepada pelaku IKM saat Musrenbang RKPD Sultra 2024 di Ballroom Tamimu Villa Nirwana Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023. (Foto Ady)

“Sebenarnya bantuan ini untuk pelaku IKM se-Sultra, bukan hanya IKM di Kepton,” ujarnya.

Meski demikian Siti Saleha tidak dapat menyebutkan semua total bantuan secara spesifik untuk IKM Kota Baubau, Buton, ataupun Buton Tengah yang menerima bantuan mesin dan peralatan menjahit tersebut.

“Untuk Kota Baubau itu saya lupa berapa. Untuk Buton ada sekitar 83 unit dan Buteng sekitar 60 unit. Yang jelas jumlahnya itu perkelompok pelaku IKM dan bervariasi tergantung jenis bantuannya dan kebutuhan para IKM,” pungkasnya. (Adv)

Facebook Comments
Baca Juga :  Dugaan Kecurangan CPNS Busel, Polres Buton Dinilai Tertutup