Marak Perang Sarung, Polres Baubau Patroli Malam dan Subuh

Personel Polres Baubau saat melakukan patroli di sejumlah lokasi. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Polres Baubau meningkatkan patroli malam usai salat tarawih dan salat subuh. Patroli ini untuk mengantisipasi kenakalan remaja yang kerap melakukan perang sarung, bermain petasan serta balapan liar yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat di bulan suci ramadan.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, melalui Kapolsek Murhum Polres Baubau Ipda Muhamad Arifudin, mengataka,n pada bulan ramadan ini banyak ditemukan kenakalan remaja seperti perang sarung dan balapan liar. Peristiwa tersebut menjadi perhatian banyak lantaran aksi tersebut telah mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

- Advertisement -

“Perang sarung ini kalau dibiarkan akan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat tidak baik. Maka dari itu kami pihak Polsek Murhum Polres Baubau gencar melakukan patroli malam selesai salat tarawih dan patroli subuh selesai salat subuh selama bulan ramadan,” kata Ipda Muhamad Arifudin.

Kata dia, terdapat 10 personel yang disiagakan dalam patroli. Patroli ini dititik beratkan pada tindakan pencegahan dengan menempatkan personil Polsek Murhum pada beberapa lokasi yang sering terjadi aksi spontanitas perang sarung/aksi tawuran anak-anak dan aksi balapan liar.

Selanjutnya melaksanakan patroli mobile di beberapa titik wilayah yang sering dijadikan aksi perang sarung antara lain,depan Kantor Pengadilan Negeri Baubau, jalan Betoambari Kelurahan Tanganapada, simpang empat Kantor Pajak, jalan poros Betoambari mulai simpang Tugu Kirab sampai dengan simpang kantor Camat Betoambari, dan jalan Gajah Mada Kelurahan Tanganapada.

“Pada titik-titik tersebut telah disiagakan personel menggunakan mobil dinas patroli sambil menyalakan lampu rotator sehingga anak-anak yang akan melakukan perang sarung melihat kehadiran polisi sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk berbuat hal-hal yang tidak baik dan kembali ke rumah masing-masing,” katanya.

Kapolsek Murhum juga berharap hendaknya bulan ramadan digunakan sebagai media untuk memperbanyak ibadah dan melakukan hal yang baik. Bukan malah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu ibadah, seperti perang sarung, balapan liar dan bermain petasan.

Baca Juga :  60 Motif Tenunan Baubau Miliki HAKI

Ia juga menghimbau masyarakat untuk waspada dan mengawasi pergaulan anak-anaknya.

Selain Polsek Murhum, Polsek jajaran Polres Baubau juga melaksanakan patroli malam dan subuh selama bulan ramadhan di wilayah hukum Polseknya masing-masing. (adm)

Facebook Comments