Hilirisasi Aspal Buton, Basiran Minta Dukungan Kementerian ESDM

Pj Bupati Drs. Basiran bersama Kepala Dinas PUPR, Muh. Wahyudin saat memberikan plakat usai melakukan audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM RI, Ir. Rida Mulyana, didampingi staf khususnya Prof. Irwandi Yusup, di Gedung Chaerul Saleh Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Selasa 28 Maret 2023. (Foto Istimewa)

JAKARTA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton gerak cepat dalam rangka hilirisasi aspal Buton sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo.

Teranyar, Pj Bupati Drs. Basiran bersama Kepala Dinas PUPR, Muh. Wahyudin melakukan audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM RI, Ir. Rida Mulyana, di Gedung Chaerul Saleh, Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023. Saat itu Sekjen Kementerian ESDM didampingi staf khususnya Prof. Irwandi Yusup.

- Advertisement -

“Saya audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM karena Pak Menterinya tiba-tiba ada acara mendadak yang tidak bisa diwakilkan,” kata Basiran.

Kata Basiran, saat audiens ada beberapa hal yang disampaikan berkaitan dengan hilirisasi aspal Buton.

Pj Bupati Buton meminta kepada Kementerian ESDM agar mendukung hilirisasi aspal buton sebagaimana arahan dan instruksi Presiden dengan segala kewenangan yang dimiliki oleh Kementerian ESDM. Sebab pasca kunjungan Presiden di Buton, Kementerian ESDM belum juga menyambangi lokasi aspal di Buton.

Olehnya itu Pj. Bupati meminta agar pihak Kementerian ESDM menurunkan tim geologi untuk memastikan atau update potensi kandungan aspal buton dan memberikan informasi akurat terkait spesifikasi senyawa yang dimiliki aspal buton untuk menjadi informasi bagi pengembangan aspal buton.

Kemudian menertibkan IUP yang ada termasuk bagaimana memberikan peran masyarakat lokasi tambang Aspal untuk mendapat IUP dalam bentuk koperasi.

“Alhamdulillah mendapat tanggapan positif dari Sekjen Kementerian ESDM yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri ESDM. Semoga kekayaan alam yang dikandung perut bumi Buton berupa aspal alam itu dapat mendatangkan rahmat dan kesejahteraan yang signifikan bagi masyarakat Buton,” harap Mantan Asisten I Sekprov Sultra ini. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  TMMD ke-110, Prajurit Kodim 1413 Buton Bangun Tujuh MCK untuk Masyarakat