Tiga Perusahaan Berebut Proyek Gedung Perpustakaan Rp 10 Miliar di Baubau

Grand desain perpustakaan yang akan dibangun di Kota Baubau. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Bagian ULP Setda Kota Baubau sementara melelang proyek pembangunan gedung perpustakaan senilai kurang lebih Rp 10 miliar. Proyek dengan konstruksi dua lantai itu tayang dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Kamis 23 Maret 2023 lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, terdapat 44 perusahaan yang mendaftar untuk mengikuti lelang. Namun, hanya ada tiga perusahaan yang memasukan penawaran. Ketiga perusahaan tersebut masing masing, CV. Lande Bersaudara, CV. Mujur Abadi, dan CV. Independent fight contractor.

- Advertisement -

CV. Lande Bersaudara menjadi penawar terendah dengan nilai penawaran Rp.9.000.000.000, CV. Mujur Abadi menawar Rp. 9.510.661.242 dan CV. Independent fight contractor menawar Rp 9.832.337.603.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Kota Baubau, Ahmad Basri mengatakan,  lelang proyek tersebut saat ini masuk dalam ranah Pokja Pemilihan.

“Saya membatasi diri. Saya tidak terlalu ikuti itu. Jadi saya tinggal tunggu penandatanganan kontraknya. Yang jelas sudah dalam proses, itu yang bisa saya sampaikan,” kata Ahmad, di kantornya, Jumat 31 Maret 2023.

Ahmad menjelaskan, lelang proyek pembangunan gedung perpustakaan senilai kurang lebih Rp 10 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut memiliki sejumlah tahapan.

Tahap pertama menayangkan, kemudian pemberian penjelasan pada 27 Maret, lalu upload dokumen penawaran pada 27-30 Maret, setelah itu evaluasi administrasi dan kualifikasi harga.

“Pokoknya proses selanjutnya sudah masuk pada tupoksi teknis, ujungnya penandatanganan kontrak pada 17 April mendatang. Disitu di tahu perusahaan mana yang menang. Jadi, tidak mesti yang paling rendah menawar itu yang menang, kualifikasi perusahaannya dan harganya yang diseleksi, dua itu saja yang di kompetisi kan,” tandasnya.

Baca Juga :  Lima Jabatan Eselon II di Baubau Segera Terisi

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Baubau, Asmahani mengatakan, perpustakaan tersebut akan dibangun di lahan eks-Kantor DPRD Kabupaten Buton, jalan Dayanu Ikhsanudin.

Pembangunan gedung perpustakaan ini akan menjadi monumen Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse di penghujung masa jabatannya, sebab proyek direncanakan selesai pada November 2023.

“Insya Allah, Wali Kota Baubau sudah sampaikan kepada kami bahwa ini adalah karyanya dipenghujung masa jabatan. Mudah-mudahan di Ekspo Tampil Manis pada Juli 2023 akan ditayangkan pembangunan perpustakaan ini,” ujar Asmahani. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments