Pj Bupati Busel Dukung Penurunan Status Lahan di Sampolawa

Pj Bupati Busel, La Ode Budiman, saat bertemu langsung dengan massa aksi dari Aliansi Pemuda Sampolawa di halaman kantor Bupati Busel, Senin 10 April 2023. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pj Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Budiman, memberikan dukungan terhadap upaya yang telah dilakukan masyarakat Sampolawa dalam memperjuangkan penurunan lahan di wilayah tersebut. Bahkan La Ode Budiman memberikan surat pernyataan tertulis kepada masyarakat.

Dukungan itu diberikan saat sejumlah warga Sampolawa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sampolawa yang menggelar aksi demonstrasi di halaman kantor Bupati Busel, Senin 10 April 2023.

- Advertisement -

Dalam aksi tersebut massa menuntut agar lahan hutan produksi terbatas di wilayah Sampolawa diturunkan statusnya menjadi kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) agar bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan pertanian yang selama ini menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

“Pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung penuh penyelesaian masalah ini. Kita akan dorong penurunan status hutan ini ke pemerintah provinsi dan kementerian,” kata La Ode Budiman.

Ia pun menjanjikan akan turun langsung ke lapangan dan berkoordinasi langsung dengan KPH Lakompa dan pemerintah kecamatan untuk melakukan percepatan penurunan lahan ke pemerintah provinsi dan pusat. Progres percepatan akan dievaluasi dalam pekan ini juga.

“Penurunan lahan ini merupakan ranah pemerintah pusat, tapi prinsipnya kita akan melakukan upaya untuk meminta juga dukungan provinsi dengan bersurat secara resmi sehingga mendapat kekuatan hukum,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Arusani Somasi Pansus