Libur Lebaran, Imigrasi Baubau Tetap Buka Pelayanan

Kepala Sub Seksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau, Yuswanto Ruslan

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau tetap membuka pelayanan paspor meskipun cuti bersama dan libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah 2023 Masehi.

“Kami sebagai petugas yang memberikan pelayanan paspor akan selalu standby walaupun nanti ada cuti bersama. Ada salah satu petugas kami yang standby di kantor di saat kantor sedang cuti,” ucap Kepala Sub Seksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau, Yuswanto Ruslan, di kantornya, Selasa 18 April 2023.

- Advertisement -

Kata Yuswanto Ruslan, petugas tetap siaga dalam memberikan pelayanan jangan sampai ada pemohon dengan kebutuhan mendesak, misalnya sakit atau ada pekerjaan mendesak yang mengharuskan pemohon berangkat pada waktu libur lebaran dan cuti tersebut.

“Ini adalah salah satu inovasi pelayanan kami untuk memudahkan masyarakat. Artinya kita jaga-jaga jangan sampai ada masyarakat yang membutuhkan emergency paspor,” katanya.

Pria yang pernah bertugas di Bandara Soekarno-Hatta ini mengataka,n intensitas pelayanan paspor selama bulan suci ramadan terlihat lancar, pemohon kondusif dan tidak ada masalah terkait dokumen persyaratan.

Namun demikian jumlah pemohon dibanding sebelum puasa ada perubahan, namun tidak begitu signifikan. Rata-rata pemohon untuk ibadah haji dan umroh.

“Sekarang itu sudah ada aplikasi M-Paspor, yang memudahkan masyarakat mendekatkan pelayanan dari jauh menjadi dekat karena dengan aplikasi itu pemohon bisa mendaftar online dari rumah, nanti akan ada informasi melalui e-mail waktu akan diadakan pengambilan data biometrik serta wawancara di Kantor Imigrasi,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  SKB CPNS Kemenag Selesai, Tilok Baubau Diikuti 29 Peserta