Hadiri Paripurna HUT Sultra ke-59, Ali Mazi: Tiga Program Strategis Tuntas

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sultra dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59, di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Kamis 27 April 2023. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menegaskan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, dirinya bersama H. Lukman Abunawas selaku Wakil Gubernur Sultra telah menyelesaikan tiga program unggulan dan strategis. Pertama pembangunan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah, dan Otak OPUTA YI KOO, kedua pembangunan perpustakaan modern bertaraf internasional, dan ketiga pembangunan jalan kawasan wisata Kendari-Toronipa, yang telah difungsikan dan akan diresmikan Presiden RI tahun ini.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sultra dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59, di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Kamis 27 April 2023.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi juga mengingatkan terdapat empat aspek permasalahan dan isu strategis yang harus menjadi perhatian bersama dalam pembangunan daerah ke depan, yakni pertama, isu pembangunan manusia, kedua isu inflasi, ketahanan pangan dan penanggulangan kemiskinan ekstrem, ketiga isu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, dan keempat isu tata kelola pemerintahan.

Untuk itu, dasar tema yang diusung dalam peringatan HUT Ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023, yakni Aman Sukses Membangun Sultra.

Ketua DPRD Sultra, H.Abdurrahman Shaleh menyampaikan DPRD memahami betul mana wilayah yang menjadi tugas dalam mengawasi dan memperjuangkan aspirasi public dan mana wilayah yang merefresentasikan dirinya sebagai bagian dari penyelenggaraan pemerintah daerah.

Para tamu undangan saat mengahdiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sultra dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59, di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Kamis 27 April 2023. (Foto Istimewa)

Selain itu, terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara tak lepas dari generasi pendahulu dimulai dari Gubernur J. Wayong, La Ode Hadi, Eddy Sabara, Abdullah Silondae, Alala, La Ode Kaimoeddin, Ali Mazi, dan Nur Alam.

Lanjut disampaikan, selama lima tahun terakhit Sulawesi Tenggara telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dari ivent-ivent yang berskala regional dan nasional. Seperti di bulan ramadan beberapa waktu yang lalu, Sultra kembali mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah terkait penyelenggaraan PTQ LPP RRI Tingkat Nasional ke-53. Sehingga ivent tersebut memberikan manfaat tersendiri bagi daerah dan menunjukkan bahwa daerah Sultra semakin memantapkan eksistensinya sejajar dengan provinsi-provinsi lainya di Indonesia.

Baca Juga :  HUT Buton ke-63, Gubernur Dorong Percepatan Pembangunan di Daerah

Sebelum mengakhiri sambutanya Ketua DPRD Sultra memberikan ucapan selamat kepada gubernur atas keberhasilan meraih dua penghargaan, yaitu: Maritim Award 2023 untuk kategori utama bidang perintis maritim yang diberikan oleh International Sea Port Exhibition And Conference (ISPEC) dan penghargaan dari Pemerintah Pusat dimana Sultra sebagai salah satu provinsi yang berhasil mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional.

“Penghargaan tersebut menjadi kado istimewa bagi provinsi kita yang hari ini memperingati hari jadinya yang ke-59 tahun,” katanya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Anggota DPR RI Sultra Ir Hugua, Anggota DPD RI Wa Ode Rabia Al Adawiyyah Ridwan, Ketua DPRD H.Abdurrahman Shaleh, Forkopimda, Kabinda, Kepala BNN Sultra, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Mantan Pj. Sekda Sultra Laode Ahmad Pidana Balombo, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Halu Oleo, Mantan Gubernur/Pejabat Gubernur dan Mantan Wakil Gubernur, Bupati/Walikota dan Wakil Bupati se-Sultra, Pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal Wilayah Sultra, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Ketua Badan Kontak Majelis Talim Sultra Masurah. (adv)

Facebook Comments