Monianse Lantik 270 Pejabat Fungsional dan Tiga Lurah

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat melantik dan mengambil sumpah dan janji ASN di kantor Wali Kota Baubau, Jumat 12 Mei 2023. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse melantik 270 ASN lingkup Pemerintah Kota Baubau yang menduduki jabatan fungsional hasil penyetaraan jabatan, jabatan pengawas dan tiga lurah. Pengambilan sumpah dan janji jabatan dipusatkan di aula kantor Wali Kota Baubau, Jumat 12 Mei 2023.

“Yang dilantik hari ini semua fungsional, jumlahnya lebih dari 270 orang, ditambah dengan tiga lurah. Kebetulan Lurah Bone-bone kosong, Lurah Palabusa dan Lurah Sulaa,” ucap La Ode Ahmad Monianse.

- Advertisement -

Monianse tak menampik, sebagian jabatan fungsional yang dilantik hari ini, sebelumnya sudah pernah dilantik pada jabatan yang sama, namun karena ada beberapa perubahan nomenklatur maka dikukuhkan kembali. Selain itu, SK mereka dari Kemendagri sudah keluar.

“Kenapa kita kukuhkan secara keseluruhan, supaya kalau mereka punya karir lebih baik dan kalau mereka dibutuhkan pada struktur yang lebih tinggi, mereka bisa diposisikan disitu. Selama belum dikukuhkan, tidak bisa dia bergeser,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Baubau ini menegaskan kepada 270 ASN agar memegang teguh amanah dengan sebaik-baiknya dan segera beradaptasi dengan sistem kerja baru. Ini menjadi babak baru memasuki sistem kerja yang fleksibel dan lebih sederhana, mengedepankan kerja tim yang fokus pada hasil.

“Tinggalkan pola-pola kerja lama. Saat ini anda adalah staf dengan keahlian khusus sesuai jabatan fungsionalnya yang dapat ditugaskan secara fleksibel. Sistem kerja baru saat ini menutut kerja sama bukan Superman yang bekerja, tetapi dalam sebuah tim,” katanya.

Dikatakan semua pejabat fungsional diharapkan segera meningkatkan kompetensi, memperluas wawasan, tingkatkan literasi peraturan perundang-undangan khususnya sesuai bidang teknis masing-masing, ikuti pelatihan, bimbingan teknis dan seminar-seminar terbaik.

“Untuk semua itu saya tekankan tidak perlu menunggu perjalanan dinas, di zaman teknologi saat ini sangat mudah mengakses peraturan perundang-undangan, sosialisasi bahkan Kementerian dan Lembaga rutin melakukan sosialisasi, pelatihan dan seminar secara daring. Saya juga menekankan agar semua meningkatkan produktifitas untuk datang lebih awal pulang tepat waktu, disiplin menjalankan amanah sesuai peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Baca Juga :  Kemenag Baubau Luncurkan Dua Inovasi Baru

Monianse berpesan kepada tiga Lurah yang baru dilantik agar memberikan hal yang berbeda dari Lurah sebelumnya. Ia akan memantau 30 hari pertama.

“Untuk satu bulan pertama, laporkan apa yang menjadi inovasi dari kalian untuk segera kita bantu dan wujudkan. Karena saya sengaja ambil Lurah di ujung Barat Baubau, di ujung Timur Baubau dan tengah karena ini kita jadikan contoh, ada satu inovasi di setiap Kelurahan,” katanya.

“Jadi, jangan karena sudah dilantik Lurah budaya kerjanya sama dengan Lurah sebelumnya atau Dinas sebelumnya. Karena kelurahan menjadi ujung tombak kita maka Kelurahan kita punya warna tersendiri,” imbuhnya. (Adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments