BPS Butur Latih Petugas Sensus Pertanian

Kepala BPS Buton Utara, Musdin berpose bersama para peserta pelatihan Sensus Pertanian. (Foto Istimewa)

BUTUR, Rubriksultra.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton Utara (Butur) memberikan pelatihan kepada petugas sensus pertanian tahun 2023. Pelatihan digelar selama tiga hari mulai 19-21 Mei 2023, di salah satu hotel di Baubau.

Kepala BPS Buton Utara, Musdin mengatakan, Sensus Pertanian dilaksanakan secara rutin di seluruh Indonesia setiap 10 tahun sekali sejak tahun 1963 hingga sekarang.

- Advertisement -

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perekonomian nasional dengan cara menyediakan data struktur pertanian sampai unit-unit administrasi terkecil, hingga menyediakan data yang dapat digunakan tolak ukur statistik pertanian saat ini, serta menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian kedepannya.

Saat ini di Kabupaten Buton Utara sendiri melakukan pelatihan dengan peserta pelatihan yang merupakan calon petugas Sensus Pertanian 2023 berjumlah sebanyak 30 orang. Peserta tersebut berasal dari Kecamatan Wakorumba dan Kecamatan Kambowa. Para petugas langsung dilatih oleh instruktur daerah Fahrullah, SST selaku penanggungjawab statistik Produksi Kabupaten Buton Utara.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih petugas, menyamakan konsep dan persepsi agar dapat bekerja sesuai dengan SOP yg telah ditentukan oleh BPS RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Petugas Sensus Pertanian ini nantinya akan melakukan pendataan pada seluruh rumah tangga yang mengusahakan atau bergerak di bidang pertanian yang berada di Kabupaten Buton Utara.

Sejauh ini, petugas yang terpilih adalah mereka yang telah melewati beberapa tahapan yaitu administrasi berkas, tes tertulis dan tes wawancara.

“Kami harapkan petugas sensus dapat bekerja dengan baik dilapangan sesuai dengan ilmu dan materi yang telah diberikan oleh instruktur dan SOP agar menghasilkan data yang akurat dan terpercaya,” jelasnya. (Adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Terhimpit Ekonomi, Buruh Toko di Baubau Nekat Mencuri di Rumah Tetangga