Ali Mazi Launching BLUD RSJ Sultra

Gubernur Sultra, Ali Mazi berpose bersama usai launching BLUD RSJ Sultra di Hotel Claro Kendari, Rabu 24 Mei 2023. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi resmi melaunching Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sultra sekaligus memperingati HUT ke-37 RSJ Sultra di Hotel Claro Kendari, Rabu 24 Mei 2023.

Ali Mazi mengatakan, RSJ Provinsi Sultra sebagai salah satu organisasi perangkat daerah di lingkup Pemprov Sultra memiliki tugas pokok yang sangat penting dalam penyelanggaraan pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan jiwa melalui upaya pencegahan, penyembuhan, pemulihan, pelayanan rujukan, rehabilitasi psikologi, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat

- Advertisement -

Dalam rangka mengembangkan jenis pelayanan kesehatan masyarakat, dimana 60 persen untuk layanan kekhususan kesehatan jiwa dan 40 persen untuk layanan kesehatan dasar, maka pihak manajemen RSJ Sultra, harus mampu berinovasi dan kreatif membuat terobosan-terobosan pelayanan unggulan yang berbasis IPTEK termasuk dalam pola pengelolaan keuangan rumah sakit guna memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

Hal tersebut dapat dilaksanakan maka layanan kesehatan yang diberikan oleh RSJ Provinsi Sultra dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya serta dapat memberi kontribusi terhadap kemajuan pembangunan kesehatan masyarakat di Provinsi Sultra.

“Saya selaku pimpinan pemerintah Provinsi telah menetapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSJ Sultra melalui keputusan Gubernur Nomor 720 Tahun 2022 yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja pelayanan, fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola rumah sakit yang baik, sehingga RSJ Sultra dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat lebih baik lagi kedepan,” Kata Gubernur Sultra.

Kata dia, penerapan pola pengelolaan keuangan BLUD bagi RSJ Sultra, mempunyai arti penting dan strategis, karena selain menjadi sebuah langkah responsif dan adaptif dalam upaya menjadikan pengelolaan RSJ yang lebih terbuka, profesional dan akuntabilitas mulai dari dari pengelolaan administrasi, keuangan hingga pelayanan, tetapi juga penerapan BLUD RSJ Sultra dilakukan untuk mendorong pihak pengelola rumah sakit merubah pola pikir, sikap dan perilaku arah yang lebih baik, sehingga RSJ Sultra dapat menjadi perangkat daerah yang profesional dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang paripurna sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Baca Juga :  Tinjau Pameran UMKM di Wakatobi, Presiden Borong Makanan Ringan Khas Sultra
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat membawakan sambutan sebelum launching BLUD RSJ Sultra di Hotel Claro Kendari, Rabu 24 Mei 2023. (Foto Istimewa)

Direktur RSJ Sultra, Putu Agustina Kusuma menyampaikan 37 tahun sudah RSJ Sultra hadir, berkiprah ditengah masyarakat dalam kemajuan.

“Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahwa kami menyadari jalanya RSJ Sultra ini masih belum optimal belum bisa memberikan kepada masyarakat, kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan RSJ untuk memberikan pelayanan khususnya kesehatan jiwa,” katanya.

Ia berharap pembangunan RSJ yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan berakhir di tahun 2023 ini bisa memberikan pelayanan maksimal terhadap pelayanan RSJ bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

Launching dilaksaan usai Gubernur Sultra membawakan sambutan dan meletakan tanggan didepan layar sebagai tanda Launching BLUD RSJ Prov. Sultra didampingi plh. Sekda Sultra, Kadis Kesehatan Sultra dan Direktur RSJ Sultra, Asisten I dan jajaran Forkopimda

Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Sultra sebagai peringatan HUT ke- 37 Tahun RSJ Sultra kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Turut hadir yakni, Plh Sekda Sultra Yuni Nurmalawati, Forkopimda Sultra, Asisten I, Danlanud Haluoleo, Pejabat Pimpinan Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra, Dekan Fakultas Farmasi UHO, Pimpinan Instansi Vertikal serta pimpinan BUMD lingkup Provinsi Sultra, Direktur Rumah Sakit se-Sultra. (adv)

Facebook Comments