Gubernur Sultra Audiensi dengan Para Kades di Mubar

Gubernur Sultra, Ali Mazi berpose bersama para Kades dari Muna Barat, di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Rabu 24 Mei 2023. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., menerima dan beraudiensi bersama para Kepala Desa (Kades) dari Muna Barat, di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Rabu, 24 Mei 2023.

Gubernur Ali Mazi mengucapkan terimakasih kepada seluruh kapala desa yang hadir atas pertemuan tersebut. Sudah lama, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara membuat program untuk melaksanakan silaturahmi dengan para kepala desa ataupun para camat, namun karena adanya pandemi Covid -19 yang kurang lebih dua tahun lebih dirasakan sehingga program audiensi tersebut kurang terealisasi.

- Advertisement -

Gubernur Ali Mazi berharap agar bila ada dana hibah atau bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Pemeritah Kabupaten/Kota dapat dikelola dengan baik. Kepala Daerah atau Bupati/Walikota dapat menampung aspirasi masyarakat agar dapat diberikan bantuan.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Ali Mazi membahas lima hal penting dengan para Kades. Pertama visi dan misi adalah program kerja Gubernur Ali Mazi.

Kedua terkait program kerja yang dilakukan kepala desa dapat disampaikan kepada para bupati atau walikota setempat sebelum di sampaikan langsung ke Gubernur Ali Mazi. Ketiga salah satu program kerja yang diwujudkan adalah mengelola jembatan Kendari-Muna, Muna-Buton.

Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama para Kades dari Muna Barat, di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Rabu 24 Mei 2023. (Foto Istimewa)

Keempat potensi SDA harus kelola bersama untuk perkembangan daerah Sulawesi Tenggara, dan kelima para kepala desa diharapkan dapat mengelolah potensi desa dengan pengelolaan manajemen yang baik, sehingga setiap program kegiatan dibuktikan dengan adanya laporan pertanggungjawaban yang dibuat oleh masing-masing kepala desa.

Menanggapi permintaan dari para kepala desa agar setelah menjabat Gubernur, Ali Mazi maju sebagai anggota DPR-RI, Gubernur Ali Mazi menanggapi dengan tersenyum dan mengucapkan terimakasih atas semangat yang ditunjukan dan sangat menghargai komitmen tersebut. Gubernur Ali Mazi berharap pertemuan semacam ini menjadi silaturahmi jangka panjang antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan para kepala desa se-Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Ikuti Penanaman Seribu Pohon Serentak se-Indonesia

Tanggapan Gubernur Ali Mazi terhadap penanya dari APDESI soal kesiapan mendukung untuk maju menjadi Anggota DPR-RI, serta bagaimana anggaran desa dalam menjalankan program kerja yang ada di Muna Barat dapat diperhatikan.

Adanya sinergitas yang dilakukan oleh para bupati di Muna Barat untuk membantu merealisasikan setiap program yang ingin dicapai oleh kepala desa menjadi hal penting untuk dilakukan. Realisasi anggaran akan diberikan oleh kepala daerah, asalkan ada potensi yang ingin dikembangkan oleh setiap kepala desa di Muna Barat. Potensi yang dimaksud adalah terkait dengan sumber daya apa yang dimiliki oleh masing-masing desa.

“Pemahaman potensi ini adalah masing-masing kepala desa, jadi harus ada sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Bupati dan kepala desa,” kata Gubernur Ali Mazi. (adv)

Facebook Comments