ASDP Baubau Tambah Dua Armada Feri

General Manajer ASDP Cabang Baubau, Rudy Mahmud.

BAUBAU, Rubriksultra.com- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Baubau akan menambah dua kapal untuk memaksimalkan pelayanan di lintasan komersil dan perintis. Adapun dua kapal feri itu yakni KMP Kambaniru dan KMP Oputa Yi Koo.

General Manajer ASDP Cabang Baubau, Rudy Mahmudi mengatakan, KMP Kambaniru direncanakan mengisi lintasan komersil Labuan-Amolengo. Tujuannya untuk mengurai kepadatan di lintasan tersebut.

- Advertisement -

“Dengan GT-500 berkapasitas besar, sekitar 40 mobil kecil muat, KMP Kambaniru diharapkan bisa mengurai kepadatan di lintasan Labuan-Amolengo,” kata Rudy Mahmudi, di kantornya, Jumat 26 Mei 2023.

Sementara untuk KMP Oputa Yii Koo, lanjut Rudy, akan mengisi lintasan perintis. Lokasinya masih didiskusikan kembali dengan pihak BPTD dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra sebab kapal ini sejatinya akan mengisi lintasan Tanjungpising-Kasipute.

“Tetapi di lintasan itu kini sudah dilayani kapal swasta, sehingga dibicarakan dulu dengan BPTD dan Dishub Sultra,” katanya.

Rudy mengatakan KMP Oputa Yi Koo saat ini masih tahap penyelesaian di galangan, Cirebon, dan diperkirakan selesai Juli 2023, namun waktu itu masih tentatif. Sementara untuk KMP Kambaniru masih menjalani docking di Balikpapan dan bila tak ada aral melintang sudah mulai beroperasi akhir Juni 2023.

“Dengan bertambahnya dua kapal, maka armada feri ASDP Cabang Baubau menjadi 14 kapal yang beroperasi di 15 lintasan di Sultra. Dengan jumlah ini pula pelayanan kepada pemakai jasa, lebih baik lagi,” pungkasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Tahun Ini, Pemkot Baubau tak Gelar Lomba Semarak Kemerdekaan