Forum Anak Kota Baubau Resmi Dikukuhkan

Suasana pengukuhan Forum Anak Kota Baubau di kantor Wali Kota Baubau, Kamis 22 Juni 2023. (Foto Istimewa)

Baubau, Rubriksultra.com- Forum Anak Kota Baubau periode 2023-2024 resmi dikukuhkan. Pengukuhan berlangsung di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 22 Juni 2023.

Pengukuhan yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau ini dalam rangka penguatan jejaring antar lembaga penyedia layanan peningkatan kualitas hidup anak kewenangan kabupaten/kota tahun 2023.

- Advertisement -

Anak-anak yang dilibatkan dalam Forum anak ini merupakan siswa siswi dari beberapa SMA yang tersebar dalam wilayah Kota Baubau yang berjumlah sebanyak 35 anak.

Kepala DP3A Kota Baubau, Abdul Rahman menuturkan, Forum Anak ini sebagai pelopor dan pelapor. Dimana, pelopor mengacu kepada peran anak untuk berkontribusi aktif dalam berbagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sekitarnya.

“Misalnya ada kasus-kasus yang terjadi dilingkungan mereka masing-masing, seperti ada korban narkoba, pelecehan atau pun kasus lain yang menimpa anak dan mereka bisa melaporkan kepada guru mereka,” tutur Rahman kepada wartawan usai pengukuhan Forum Anak.

Selain itu, lanjut Rahman, Forum Anak Kota Baubau ini akan menjadi role model (panutan) untuk mengedukasi (tutor sebaya) bagi teman teman sebayanya atau pun adik-adiknya.

“Terutama dalam hal menyuarakan bagaimana anak-anak untuk menghindari perbuatan perbuatan yang kurang bagus,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Penumpang Pelabuhan Murhum Bakal Diswab di Tempat