Pemerintah Kelurahan Wangkanapi Sukses Gelar Pemilihan Ketua LPM

Suasana pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wangkanapi. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pemerintah Kelurahan Wangkanapi baru saja menggelar pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wangkanapi. Pada pemilihan ketua LPM kali ini ada dua calon yang maju.

Mereka adalah, Hainis, Wartawan Senior di Kota Baubau, dan Muhammad Nur Salim, PNS di Kota Baubau. Proses pemilihan Ketua LPM Kelurahan Wangkanapi perlu menjadi contoh.

- Advertisement -

Berlangsung sangat demokratis dalam suasana kekeluargaan. Dari 18 suara yang diperebutkan, Hainis mengantongi 12 suara dan Muhammad Nur Salim 6 suara. Pantauan wartawan saat pemilihan dilaksanakan, suasananya sangat kondusif. Sebab, para ketua RT dan Ketua RW yang hadir memilih, terlihat santai dan bersemangat mengikuti proses pemilihan yang dimulai pukul 14.00 Wita, Jumat 23 Juni 2023.

Kedua calon juga terlihat akrab, mereka tidak saling menunjukkan adanya persaingan yang tidak sehat. “Ini pemilihan yang paling kondusif, yang patut menjadi contoh” kata salah seorang warga yang datang menyaksikan proses pemilihan.

Proses pemilihan Ketua LPM Wangkanpi kali ini diPimpin langsung Ketua Panita Seleksi (Pansel) Tamrin Badila,S.Sos bersama Lurah Wangkanapi, Wa Ode Nurhasanah S,STP, dan Sekretaris Lurah Wangkanapi, Muh Nur Salam, S,Ip.

Sekedar diketahui, sebelum pemungutan suara, kedua calon diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misinya. Pemilihan juga turut disaksikan Babinsa Kelurahan Wangkanapai, Mujito.

Cetak Sejarah Baru, Ini Harapan Wa Ode Nurhasanah

Warga Kelurahan Wangkanapi, mengaku proses pemilihan Ketua LPM Kali ini dapat dibilang sejarah baru, karena ini yang pertama kalinya dilaksanakan dengan sistem pemungutan suara.

Selama ini Ketua LPM selalu dipilih secara musyawarah mufakat. “Jadi ini adalah sejarah baru, dan perlu dicontoh, karena proses pemilihannya sangat kondusif, tidak ada riak riak dan perosesnya sangat lancar,” kata sejumlah Ketua RT yang hadir memilih.

Baca Juga :  Harga Sembako di Baubau Stabil

Mencermati hal tersebut, Lurah Wangkanapi Wa Ode Nur Hasanah S.STP mengaku sangat senang, karena proses pemilihan Ketua LPM berlngsung sukses, lancar dan aman.

“Alhamdulillah baru tahun ini dilaksanakan pemilihan secara demokratis. Ini merupakan salah satu program saya yang baru menjabat pada 9 juni 2023. Karena visi saya salah satunya adalah memperbaiki struktur organisasi di kelurahan wangnkanapi, seperti lembaga lembaga yang merupakan mitra pemerintah kelurahan,” kata Wa Ode Nurhasanah kepada wartawan seusai Pemilihan Ketua LPM.

Menurut lurah yang masih muda ini, selama bertahun tahun pada pemilihan sebelumnya, Ketua LPM selalu dipilih secara musyawarah Mufakat. Tetapi, secara pribadi saya memang ingin mengedepankan proses pemilihan Ketua LPM berlangsung secara demokratis, sehingga kita berupaya melaksanakan dengan terbuka dan transparan.

“Harapan saya, khususnya kepada pak Hainis sebagai Ketua LPM yang baru terpilih bisa menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah Kelurahan, karena kita tau bahwa LPM adalah semacam legislatifnya pemerintah kelurahan, yang harus menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat mendorong percepatan program pembangunan di kelurahan.

Sementara itu, Hainis yang terpilih jadi Ketua LPM menyatakan siap bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan untuk mesukseskan program-program program pembangunan di kelurahan. Hainis juga berterima kasih kepada para Ketua RW dan Ketua RT yang telah meluangkan waktunya mensukseskan pemilihan Ketua LPM.

“Insya Allah saya siap menjadi mitra pemerintah Kelurahan untuk kepentingan publik, guna mensukseskan program-program pemerintah kelurahan,” kata pria yang akrab disapa Eyank ini.(adm)

Facebook Comments