Pemkab Buteng dan BI Kerjasama Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Daerah

Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) Dr. Andi Muhammad Yusuf dan Kepala BI Perwakilan Sultra Doni Septadijaya, saat menandatangani perjanjian kerjasama di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra di Kendari. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com– Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) untuk mengembangkan perekonomian dan keuangan di daerah. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan atau MoU antara Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) Dr. Andi Muhammad Yusuf dengan Kepala BI Perwakilan Sultra Doni Septadijaya, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra di Kendari.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Buton Tengah, Dermawan Hibali, melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu 24 Juni 2023.

- Advertisement -

Kata Dermawan Hibali, kerjasama tersebut fokus dalam hal peningkatan sinergitas pengembangan ekonomi dan keuangan. Terdapat beberapa hal yang disepakati dalam kerjasama tersebut, pertama sinergi sumber daya dalam rangka peningkatan dan pengembangan ekonomi dan keuangan daerah.

Kedua peningkatan akses dan jangkauan keuangan dalam rangka mendukung pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi daerah. Ketiga Pemantauan dan pengendalian harga barang dan jasa. Keempat erluasan penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat (Less Clash Society).

Kemudian kelima implementasi gerakan nasional non tunai untuk layanan keuangan dalam lingkup pemerintah Kabupaten Buton Tengah. Keenam pengembangan sektor riil terutama usaha mikro, kecil dan menengah.

Lanjut ketujuh pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan kedelapan pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

“Serta yang terakhir pertukaran data, informasi, dan hasil kajian atau penelitian perekonomian dan keuangan dalam rangka oengembangan ekonomi daerah di Kabupaten Buton Tengah,” kata Dermawan Hibali.

Diketahui, penandataganan kerja sama turut disaksikan Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sultra, Kadis Pariwisata Provinsi Sultra, Kadis UMKM Provinsi Sultra, Kadis Kominfo Provinsi Sultra, serta beberapa OPD lingkup Kabupaten Buteng. (Adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkab Buteng Pastikan Beri Kemudahan Perizinan Usaha